Mobil Berbahan Bakar Bensin Akan Punah di Norwegia pada 2025

Denny Armandhanu, CNN Indonesia | Minggu, 05/06/2016 12:01 WIB
Mobil Berbahan Bakar Bensin Akan Punah di Norwegia pada 2025 Rencana Norwegia melarang penjualan mobil berbahan bakar bensin pada 2025, rencana ini disambut baik perusahaan mobil listrik Tesla Motor. (dok. www.teslamotors.com/modelx)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mobil berbahan bakar fosil akan segera punah di Norwegia. Pemerintah negara itu akan melarang seluruh penjualan mobil berbahan bakar bensin dalam waktu sepuluh tahun ke depan.

Diberitakan The Independent, Sabtu (4/6), anggota dewan dari berbagai partai di Norwegia satu suara untuk menghapuskan mobil berbahan bakar bensin dan 100 persen menggantinya dengan mobil ramah lingkungan pada tahun 2025.

Laporan ini juga diikuti oleh rencana pemerintah Norwegia untuk menjadikan negara itu yang pertama di dunia menerapkan "nol penebangan pohon."


Rencana pemerintah Norwegia ini disambut gembira oleh Elon Musk, direktur utama mobil listrik asal Amerika, Tesla Motor. "Baru saja mendengar Norwegia akan melarang penjualan mobil bensin di tahun 2025. Negara yang sangat luas biasa. Kalian hebat!!" kata Musk.

Menurut Partai Kemajuan Norwegia, FRP, rencana itu masih akan ditinjau kembali. Namun jika diloloskan implementasinya, maka rencana ini akan lebih ambisius ketimbang proposal Partai Buruh Norwegia untuk menghapuskan mobil diesel dan bensin pada 2030.

Sekitar 24 persen mobil di Norwegia adalah mobil listrik. Negara itu juga disebut salah satu yang paling ramah lingkungan dengan pengadaan lebih dari 99 persen energi listrik dari pembangkit tenaga air.

Norwegia juga berencana meningkatkan kapasitas pembangkit tenaga angin mereka pada 2020, dengan investasi baru senilai US$3 miliar. (den)