Kim Jong Un Beri Hadiah Sepasang Anjing Kepada Moon Jae-in

Tim, CNN Indonesia | Senin, 01/10/2018 09:33 WIB
Kim Jong Un Beri Hadiah Sepasang Anjing Kepada Moon Jae-in Pertemuan antara pimpinan Korut Kim Jong Un dan pimpinan Korsel Moon Jae-in (Pyeongyang Press Corps/Pool via REUTERS)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemimpin Korea Selatan, Moon Jae In menerima hadiah sepasang anjing pemburu dari pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un. Hadiah ini menandakan persahabatan yang semakin erat dari kedua pemimpin tersebut.

"Cheong Wa Dae (istana kepresidenan) ditawari sepasang anjing Pungsan dari Korea Utara sebagai hadiah di KTT Korea Utara dan Selatan," kata kantor kepresidenan Korea Selatan dalam sebuah pernyataan.

Dalam pernyataan itu ditambahkan jenis anjing yang diberikan merupakan sepasang anjing betina dan jantan yang berusia satu tahun. Kedua anjing ini diserahkan melalui desa Panmunjom bersama dengan 3 kilogram makanan selama masa adaptasi mereka.


Anjing Pungsan terkenal dengan kesetiaan dan kepintarannya. Anjing ini biasa dijadikan anjing pemburu yang merupakan salah satu harta nasional Korea Utara.

Hadiah ini datang setelah adanya pertemuan di September lalu antara Moon dan pemimpin korea utara Kim Jong Un yang dilakukan di Pyongyang. Pertemuan itu diakhiri dengan persetujuan Kim untuk menutup tempat uji coba rudal dan berencana mengunjungi Seoul.

Korea Utara dan Korea Selatan juga mengumumkan bahwa mereka akan bersama-sama mengajukan tawaran untuk olimpiade 2032.

Sepasang anjing itu akan tinggal di kantor kepresidenan bersama Moon. Selama ini Moon dikenal sebagai penyayang binatang. Dirinya memiliki anjing Pungsan bernama Maru, sepasang kucing dari tempat penampungan bernama Jjing-Jjing dan Tory, dan seekor anjing hitam yang diadopsi.

Pada 2000, Mantan Presiden Korea Selatan, Kim Dae Jung menerima sepasang anak Pungsan setelah pertemuan puncaknya dengan pemimpin Korea Utara, Kim Jong Il di Pyongyang.

Anjing-anjing itu dipelihara di Seoul Grand Park dan keduanya meninggal pada 2013 setelah melahirkan 21 anak anjing, demikian diberitakan The Strait Times(cin/eks)