Kremlin Pastikan Pertemuan Trump dan Putin di G20

AFP, CNN Indonesia | Kamis, 29/11/2018 21:03 WIB
Kremlin Pastikan Pertemuan Trump dan Putin di G20 Presiden AS Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin saat bertemu di Helsinki, Finlandia, 16 Juli 2018. (REUTERS/Kevin Lamarque)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kremlin memastikan pertemuan antara Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden Rusia Vladimir Putin akan tetap berlangsung sesuai rencana pada KTT G20 pekan ini di Buenos Aires, Argentina.

Penegasan Kremlin dikeluarkan setelah Trump mengancam akan membatalkan pertemuan menyusul ketegangan antara Moskow dan Ukrania.

"Washington telah mengkonfirmasi pertemuan itu," kata juru bicara Kremlin Dmitry Peskov seperti dikutip dari AFP pada Kamis (29/11).


Peskov mengatakan pertemuan Putin dan Trump digelar pada Sabtu siang. Kedua pemimpin negara disebut akan melakukan pembicaraan yang lebih luas dan diperkirakan berlangsung sekitar satu jam.

"Kita perlu berpikir untuk memulai pembicaraan tentang topik hubungan bilateral, topik kemanan strategis, perlucutan senajata dan konflik regional," tutur Peskov.

"Kami tidak harus menyetujui semua masalah dan memang itu tidak mungkin, namun komunikasi harus tetap jalan. Itu bukan hanya untuk kepentingan kedua negara kami, tapi juga demi kepentingan seluruh dunia," tambahnya.

Pertemuan Putin dan Trump sempat terancam batal terlaksana setelah terjadi insiden penembakan dan penangkapan terhadap tiga kapal milik Ukraina oleh pihak Rusia.

Trump dalam sambungan telepon dengan mitra Turki Recep Tayyip Erdogan, menyampaikan 'keprihatinan mendalam' terkait insiden tersebut. Dia pun menyatakan siap membatalkan pertemuan dengan Putin.

"Mungkin saya tidak akan mengadakan pertemuan," tuturnya kepada Washington Post.

(fey/wis)