Trump Menyatakan Tak Ingin Perangi Iran

CNN Indonesia
Sabtu, 22 Jun 2019 10:00 WIB
Presiden AS Donald Trump menyatakan bahwa ia tidak akan memerangi Iran, dan mengingatkan jika perang dilakukan bisa menghasilkan sesuatu yang merusak. Presiden AS Donald Trump menyatakan tak akan memerangi Iran. (REUTERS/Leah Millis)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Amerika Serikat (ASDonald Trump menyatakan bahwa dirinya tidak akan memutuskan untuk memerangi Iran. Hal ini terkait reaksi AS kepada Iran yang telah menembak jatuh pesawat tak berawak Amerika.

Menurutnya, konflik termasuk perang bisa menghasilkan sesuatu yang menghancurkan. 

"Saya tidak mencari perang, saya tidak ingin melakukan itu," katanya seperti dikutip dari Reuters, Sabtu (22/6).


Keputusan Trump untuk lebih lunak terhadap Iran tersebut menunjukkan dia ingin solusi diplomatik atas ketegangan berminggu-minggu antara AS dengan Iran.  


Sementara itu sumber di Iran mengatakan walaupun Trump terlihat melunak, ia telah memperingatkan Teheran melalui Oman bahwa serangan AS akan segera terjadi.

Tapi sumber tersebut mengatakan Trump menentang perang dan menginginkan diskusi. Washington juga meminta pertemuan tertutup Dewan Keamanan AS hari Senin.

Iran menembak jatuh pesawat tak berawak Amerika pada Kamis lalu. Langkah tersebut diambil karena mereka merasa pesawat AS itu melanggar wilayah udaranya.

Insiden itu memperburuk kekhawatiran akan bentrokan militer langsung antara dua negara tersebut.

[Gambas:Video CNN]
(Reuters/agt)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER