Polisi Filipina Selamatkan Tiga Nelayan Indonesia Hanyut

CNN Indonesia | Senin, 22/07/2019 11:47 WIB
Polisi Filipina Selamatkan Tiga Nelayan Indonesia Hanyut Ilustrasi nelayan. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia -- Tiga nelayan asal Tobelo, Maluku Utara sempat terkatung-katung di wilayah perairan selatan Filipina selama empat hari. Mereka akhirnya berhasil diselamatkan oleh nelayan Filipina di lepas pantai Barangay Bobo, Kota Mati, Filipina pada 17 Juli lalu.

Seperti dilansir Rappler pada Senin (22/7), upaya penyelamatan ketiga nelayan Indonesia itu juga turut dibantu oleh Kepolisian Nasional dan Penjaga Pantai Filipina.
Ketiga nelayan yang berhasil diselamatkan itu bernama Paulus Baeruma (50), Batinus Paniat (54), dan Pente Laberu (45). Saat itu, ketiganya diketahui hendak dalam perjalanan pulang usai melaut pada 13 Juli lalu. Namun, ombak besar dan angin kencang menghantam kapal kecil yang mereka tumpangi.

Akibatnya, mesin kapal mengalami kerusakan dan menyebabkan mereka terbawa arus hingga ke lepas pantai Kota Mati di Provinsi Davao Oriental, Filipina.


Menurut Kepala Kepolisian Kota Mati, Bembo Lopez Aying, ketiga nelayan Indonesia tersebut telah diserahkan ke Kantor Imigrasi di Kota Davao, Filipina pada 18 Juli untuk diproses lebih lanjut.
Kantor Konsulat Indonesia pun telah mendapat informasi terkait insiden yang menimpa tiga warganya tersebut. (ajw/ayp)