Helikopter Jatuh di Pulau Bersengketa, 7 Warga Korsel Hilang

CNN Indonesia | Jumat, 01/11/2019 10:22 WIB
Helikopter Jatuh di Pulau Bersengketa, 7 Warga Korsel Hilang Ilustrasi. (Dok. BNPB)
Jakarta, CNN Indonesia -- Helikopter milik pemadam kebakaran Korea Selatan jatuh di lepas pantai pulau kecil bersengketa, Dokdo, Kamis malam (31/10).

Dikutip AFP, helikopter yang mengangkut tujuh penumpang itu jatuh tidak lama setelah lepas landas. Saat ini seluruh penumpang belum ditemukan.


Tujuh orang itu terdiri dari lima anggota penyelamat, nelayan, dan seorang warga sipil.


Helikopter berjenis Eurocopter EC225 itu hendak membawa korban luka menuju rumah sakit. Korban diduga seorang nelayan yang mengalami kecelakaan di kapal penangkap ikan.

[Gambas:Video CNN]

"Pasien itu kehilangan salah satu jarinya karena kecelakaan, kru membawanya ke Dokdo dan menunggu helikopter penyelamat di sana," kata pejabat Korsel.

Pasien tersebut membutuhkan operasi medis yang hanya bisa dilakukan dengan fasilitas di daratan, sehingga dibawa menggunakan helikopter.


Saat ini tim penyelamat masih berusaha mencari para korban.

Juru Bicara Badan Pemadam Kebakaran Nasional Korea Selatan mengatakan Kementerian Pertahanan telah mengirim pesawat dan mengerahkan penyelam untuk membantu pencarian.


Seoul telah menguasai pulau-pulau di Dokdo yang terletak di Laut Jepang sejak 1945, saat pemerintahan kolonial di semenanjung itu berakhir. Namun hingga kini Tokyo masih mengklaim bahwa pulau itu masuk kedaulatan mereka. (dea)