Gaza Konfirmasi Dua Kasus Pertama Virus Corona

tim, CNN Indonesia | Minggu, 22/03/2020 07:53 WIB
Pihak berwenang di Gaza mengonfirmasi dua kasus pertama virus corona pada Minggu (22/3). Keduanya kini dikarantina. ilustrasi: Pihak berwenang di Gaza mengonfirmasi dua kasus pertama virus corona pada Minggu (22/3). Keduanya kini dikarantina. (ANTARA FOTO /Aswaddy Hamid)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pihak berwenang di Gaza mengonfirmasi dua kasus pertama virus corona pada Minggu (22/3). Mereka mengindentifikasi pasien tersebut sebagai orang Palestina yang melakukan perjalanan ke Pakistan. Mereka langsung dikarantina saat mereka kembali ke negaranya.

Pada Kamis (19/3) Kementerian kesehatan Gaza mengungkapkan bahwa ada dua warga yang dinyatakan positif terinfeksi Covid-19 setelah mereka kembali dari Pakistan.

Mereka juga menekankan tak ada orang yang meninggalkan tempat karantina di dekat perbatasan Mesir dan tidak berbaur dengan populasi umum.


Juru bicara Kementerian Kesehatan Ashraf Al-Qudra mengatakan bahwa pasien adalah dua orang pria berusia 30-40 tahun dan kondisinya stabil.


Para ahli telah memperingatkan bahwa epidemi di Gaza kemungkinan akan menjadi bencana, mengingat tingkat kemiskinan yang tinggi, populasi yang padat dan sistem kesehatan yang lemah.

Mengutip AFP pihak berwenang di Gaza mengatakan bahwa lebih dari 2.700 warga Palestina berada dalam isolasi di rumah, kebanyakan orang yang telah kembali dari Mesir.


Gerakan masuk dan keluar dari wilayah tersebut - yang sangat dibatasi oleh Israel dan Mesir sebelum pandemi - telah diperketat sebagai tanggapan terhadap virus corona.

Israel sudah memberlakukan blokade di Gaza sejak 2007 lalu ketika kelompok Hamas menguasai jalur pantai. (chs/chs)