Ahok Anggarkan Rp 36miliar Bangun GOR Berkelas Internasional

Abraham Utama, CNN Indonesia | Senin, 13/04/2015 16:11 WIB
Ahok Anggarkan Rp 36miliar Bangun GOR Berkelas Internasional Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat melakukan free throw saat pembukaan kejuaraan bola basket di Gelanggang Olah Raga (GOR) Sumantri, Senin (13/10). (CNN Indonesia/Resty Armenia)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, pemerintah provinsinya berencana membangun gelanggang olahraga serba guna di kawasan Pancoran, Jakarta Selatan.

Ahok mengatakan, GOR tersebut akan didirikan dengan fasilitas berstandar internasional.

"Kami mau bikin nanti. Kami sudah ada desain yang standarnya internasional," kata Ahok kepada wartawan di Balai Kota Jakarta, Senin (13/4).


Namun, Ahok tidak memungkiri telah menemukan dugaan penggelembungan dana pada proyek tersebut.

Seperti diutarakannya pada Minggu (12/4) di kantor Pengurus Pusat Muhammadiyah, Jakarta, anggaran pembangunan GOR Pancoran melonjak hingga Rp 43 miliyar.

"Sudah kami potong," tegasnya siang tadi.

Ahok menuturkan, dengan dana Rp 36 miliar, GOR tersebut dapat dibangun dengan kualitas yang sama seperti gelanggang-gelanggang olahraga di Amerika Serikat.

"Kalau gedung multifungsi pagunya Rp 36 miliar, itu sudah bagus," ucapnya.

Sebelum ini, Ahok mengaku telah berkonsultasi dengan beberapa arsitek terkait pembangunan GOR Pancoran.

Salah satu pihak yang dimintai pendapatnya oleh Ahok adalah konsultan bangunan yang kerap berkontribusi pada Liga Mahasiswa, kompetisi basket antarperguruan tinggi.

"Saya tanya ke anak muda yang menangani liga mahasiswa untuk menghitung pembangunan GOR. Ternyata untuk membangun GOR standar internasional yang mewah hanya Rp 17 miliar," katanya, kemarin. (meg/meg)