Ahok Berencana Bangun Kanal Nelayan di Muara Angke

Lalu Rahadian, CNN Indonesia | Rabu, 22/04/2015 14:47 WIB
Ahok Berencana Bangun Kanal Nelayan di Muara Angke Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama marah ketika mengunjungi kawasan proyek Balai Betawi di Setu Babakan, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Minggu (19/4). (CNN Indonesia/Lalu Rahadian)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan membangun kanal air yang terhubung langsung ke laut di kawasan rumah susun bagi para nelayan di Muara Angke.

Pembangunan kanal di dekat rusun Muara Angke bertujuan agar para nelayan yang menempati lokasi itu nantinya dapat memarkirkan kapal-kapal milik mereka di lokasi yang tidak jauh dari tempat tinggal.

"Kami mau membangun kanal di rusun dekat situ (Muara Angke). Jadi, kapal nelayan bisa parkir dekat rumah," kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (22/4).


Rencananya, pembangunan rusun dan kanal bagi para nelayan akan dilakukan di atas lahan milik Pemprov DKI Jakarta. Pembangunan tersebut dilakukan sebagai salah satu langkah Pemprov DKI Jakarta untuk membantu kehidupan nelayan di ibu kota mulai tahun ini.

Selain pembangunan rumah bagi nelayan, Pemprov DKI juga akan giat melakukan revitalisasi pasar ikan yang berada di Jakarta Utara pada tahun ini.

"Kami akan membuat perumahan nelayan, kemudian revitalisasi pasar ikan di Muara Angke. Kita bantu nelayan semuanya, itu pasti," ujar Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Syaiful Hidayat di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (21/4) lalu.

Untuk menyelamatkan nelayan agar dapat tetap mencari ikan, Pemprov DKI Jakarta juga akan tetap melaksanakan program reklamasi di utara Jakarta.

Menurut Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama, reklamasi dibutuhkan agar para nelayan dapat mencari ikan dan tangkapan laut lainnya di wilayah yang bebas dari polusi di perairan Jakarta. (pit/pit)