Ketika Ibu Negara dan Menteri Tak Dikenal Anak-anak

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Rabu, 29/06/2016 07:43 WIB
Nama Ibu Negara Iriana Widodo ternyata tak begitu dikenal anak-anak. Jokowi harus kembali mengenalkan Iriana di depan anak-anak yatim di Istana Bogor. Presiden Joko Widodo (kiri) mendampingi Ibu Iriana Joko Widodo (kiri) membagikan buku ke pelajar SDN 8 Pahandut di Kota Palangka Raya, Kalteng, Sabtu (31/10). Kunjungan tersebut selain untuk membagikan buku tulis, juga untuk melihat langsung dampak kabut asap terhadap pera pelajar. (Antara Foto/Saptono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Nama Ibu Negara Iriana Widodo ternyata tak begitu dikenal anak-anak di Indonesia. Hal itu terlihat ketika Presiden Joko Widodo bertanya kepada salah seorang anak yatim piatu di Istana Bogor.

Selasa (28/6) sore, Jokowi berbuka puasa bersama ratusan anak yatim piatu dan penyandang disabilitas yang berasal dari Bogor, Bekasi, dan Jakarta.

"Tahu nama saya enggak? Tahu nama ibu ndak?" tanya Jokowi kepada anak yang tak memperkenalkan dirinya itu.


Anak perempuan 12 tahun ini terdengar lantang menyebutkan nama presiden ketujuh Indonesia, namun terdiam saat hendak menyebutkan nama ibu negara.

Jawaban si anak mengundang senyum Iriana yang saat itu mengenakan pakaian berwarna merah muda.

Si anak akhirnya menjawab setelah dibisiki beberapa orang di belakangnya. "Nama Pak Joko Widodo. Ibu Rina, eh Ibu Iriana," jawabnya.

"Iya, ambil sepedanya," jawab Jokowi.

Jelang buka puasa, Jokowi menyediakan 15 sepeda bagi anak-anak yang beruntung dan bisa menjawab pertanyaannya. Acara tanya jawab yang berhadiah sepeda menyulut semangat anak-anak.

Mereka berdiri, berteriak, dan mengacungkan telunjuknya agar dipilih Jokowi untuk menjawab pertanyaan.

Jawaban anak-anak ini kembali mengundang gelak tawa ketika Jokowi menanyakan nama menteri Kabinet Kerja. "Ayo sebutkan satu saja nama menteri. Siapa tahu nama menteri? Di sini ada dua ibu menteri dan satu pak menteri," kata mantan Wali Kota Solo ini. Ia meminta salah seorang anak bertanya langsung kepada menteri yang hadir.

Dalam acara itu, Jokowi didampingi Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa, dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Hadir juga Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki dan Juru Bicara Presiden Johan Budi Sapto Prabowo.

Si anak lelaki sekira berusia tahun ini tak mengetahui satu pun nama menteri yang mendampingi Jokowi.

"Ibu siapa namanya bu?" tanya anak itu kepada Puan.

"Ibu Tuan," jawabnya kepada Jokowi yang kemudian mengundang gelak tawa.

"Coba ke sana lagi tanya," kata Jokowi.

Si anak turun dari podium dan menghampiri putri Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri kembali. "Ibu Puan," jawabnya.

Jawaban anak itu menutup acara "cerdas cermat" Jokowi. Mantan Gubernur DKI Jakarta ini berpesan, anak-anak harus tetap rajin belajar dan berdoa.

"Rajin belajar banyak ilmu, rajin berdoa tambah iman. Jangan pernah berpikir tidak ada yang menyayangi kalian. Banyak. Allah menyayangi kalian dan sekitar kita juga," katanya. (pit/pit)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK