Pemprov DKI Persilakan Bonek Berunjuk Rasa di Jakarta

Puput Tripeni, CNN Indonesia | Selasa, 02/08/2016 11:54 WIB
Pemprov DKI Persilakan Bonek Berunjuk Rasa di Jakarta Wagub DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat tak persoalkan rencana demonstrasi pendukung Persebaya 1927. Syaratnya, kata dia, bonek tak berbuat onar di Jakarta. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mempersilakan pendukung klub sepakbola Persebaya 1927 berunjuk rasa di ibu kota. Syaratnya, para bonek harus menaati peraturan yang berlaku.

"Mereka itu tamu. Jadilah tamu yang baik, kami akan terima dengan baik. Tapi kalau mengganggu, merusak dan sebagainya, kami akan bertindakan tegas," kata Wakil Gubernur DKI Jakarta, Djarot Saiful Hidayat, Selasa (2/8).

Djarot mengatakan, para pendukung Persebaya 1927 dapat menyampaikan aspirasi ke kantor Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) maupun kantor Kementerian Pemuda dan Olahraga. Keduanya berada di kawasan Senayan.
Di luar rencana itu, Djarot mengaku heran. Menurutnya, pengurus PSSI atau Kemenpora yang seharusnya pergi ke Surabaya, menemui para bonek.


Komunikasi tiga pihak itu, kata Djarot, sepatutnya berjalan lancar karena Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi, berasal dari Jawa Timur.

"Ngapain ke Jakarta. Seharusnya PSSI atau Kemenpora yang ke sana. Pak Nahrawi kan juga orang Jawa Timur, jadi bisa dibicarakan," tuturnya.

Djarot mengaku telah berkoordinasi dengan otoritas Polda Metro Jaya untuk mengamankan sejumlah titik kumpul para bonek.
Ratusan bonek direncanakan akan berdemonstrasi di beberapa tempat di Jakarta, Selasa ini. Mereka ke Jakarta untuk memperjuangkan nasib Persebaya 1927 di kompetisi sepak bola nasional.

Selain di kantor PSSI dan Kemenpora, bonek juga berencana Bonek berunjuk rasa di Kongres Luar Biasa PSSI. Forum itu akan berlangsung di Hotel Mercure Ancol, Rabu besok.

Menurut pantauan, kelompok kecil bonek saat ini telah tiba di kantor Kemenpora. Lagu-lagu penyemangat yang biasa mereka putar tatkala mendukung Persebaya telah diputar melalui pengeras suara.
Dikonfirmasi terkait pengamanan aksi bonek, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya, Komisaris Besar Awi Setiyono, menyampaikan pihaknya masih menunggu informasi dari koordinator bonek.

Awi berkata, kepolisian akan mengumpulkan Bonek di Stadion Tugu, Jakarta Utara.

"Jumlah Bonek diperkirakan sekitar 1.416 orang. Sekarang kami masih menunggu koordinator lapangan mereka, mau ke mana," ucapnya. (abm/abm)