Hujan Deras, Pohon Tumbang dan Banjir 'Kepung' Jakarta

Puput Tripeni Juniman & Wishnugroho Akbar, CNN Indonesia | Jumat, 11/11/2016 19:16 WIB
Hujan Deras, Pohon Tumbang dan Banjir 'Kepung' Jakarta Banjir kembali menggenangi sejumlah lokasi di Jakarta usai hujan deras yang turun sejak siang hingga sore tadi (11/11). (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hujan deras yang mengguyur sebagian besar wilayah Jakarta sejak siang hingga sore tadi menyisakan genangan air di sejumlah wilayah di Jakarta Selatan, Barat, dan Timur. Selain genangan air, hujan lebat juga menyebabkan pohon-pohon bertumbangan. 

Titik genangan terbanyak terdapat di Jakarta Selatan, salah satunya adalah di depan mal Gandaria City, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. 

Akun Twitter resmi Traffic Management Centre (TMC) Polda Metro Jaya mengunggah sebuah foto mobil sedan yang terjebak banjir di kawasan tersebut pada pukul 17.43 WIB. Mobil sedan warna hitam itu tampak tengah didorong oleh sejumlah orang untuk dipindahkan dari lokasi banjir.


"Di Gandaria City Jl. Sultan Iskandar Muda Jaksel, bagi kendaraan sejenis sedan agar tidak melintas," demikian keterangan TMC Polda Metro Jaya dalam akun Twitternya, Jumat (11/11). 

Berdasarkan laporan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta, setidaknya ada 11 titik genangan di Jakarta Selatan dengan ketinggian air berkisar antara 10-50 cm. Titik genangan itu tersebar di sejumlah wilayah seperti Kemang, Kebayoran, hingga Kalibata Timur. Di Jalan Hang Lekiu, Kebayoran Baru, genangan air mencapai hingga 80 cm. 

Di Jakarta Timur terdapat enam titik genangan. Sedangkan di Jakarta Barat hanya ada dua lokasi genangan yakni JL Kedoya Raya dan Jl Panjang. 

Air mulai menggenangi titik-titik tersebut sekira pukul 15.00 WIB. BPBD langsung mengerahkan personelnya untuk menyurutkan genangan itu.

Di beberapa titik seperti di Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur dan di Jl Pal Merah, Jakarta Barat, air genangan sudah menyurut. Di Jl Kemang Raya, Jakarta Selatan, kendaraan juga sudah bisa melintas normal tanpa terganggu genangan air.

Selain genangan air, hujan lebat sore tadi juga menyebabkan sejumlah pohon tumbang di 11 lokasi.

Hampir semua kejadian pohon tumbang berada di Jakarta Timur. Di antaranya di kawasan Mabes Hankam, Bambu Apus dan Rawa Binong, Lubang Buaya.

Mencari solusi

Sementara itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mengakui belum memiliki cara mengatasi pohon tumbang saat memasuki puncak musim hujan di Jakarta. Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta Sumarsono menyatakan masih mencari cara terbaik untuk mengatasi pohon tumbang saat musim hujan di Jakarta.

"Memang soal pohon tumbang bagian dari konsen kami. Karena untuk menyelamatkan pengguna jalan. Saya lihat dulu, itu akan jadi perhatian saya," kata Soni, sapaan Plt Gubernur itu, di Balai Kota, Jakarta..

Soni mengaku masih mempertimbangkan keberadaan pohon-pohon itu. Di satu sisi, pohon bermanfaat untuk keasrian lingkungan, namun di sisi lain jika tidak ditebang akan berbahaya bagi pengguna jalan.

"Terik panas kalau enggak ada pohon bisa dibayangkan, tapi kalau enggak ditebang bahaya. Jadi masih cari solusi yang terbaik. Yang jelas kita ingin Jakarta tetap hijau," tutur Soni. (wis/asa)