Johan Budi Sebut Jokowi Sudah Putuskan KSAU Baru

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Kamis, 12/01/2017 17:26 WIB
Johan Budi Sebut Jokowi Sudah Putuskan KSAU Baru Presiden Joko Widodo telah menentukan pilihan calon pengganti KSAU Marsekal Agus Supriatna. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo disebut telah memilih Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) yang akan menggantikan Marsekal Agus Supriatna.

Juru Bicara Presiden Johan Budi Sapto Prabowo mengatakan, pilihan itu diambil setelah Jokowi menerima usulan tiga nama calon dari Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo.

"Usulan tiga nama sudah disampaikan dan diterima Presiden. Sepertinya, Presiden sudah memutuskan (KSAU)," kata Johan di Kompleks Istana Kepresidenan, Kamis (12/1).


Meski menyebut telah memutuskan KSAU baru, Johan mengaku belum mengetahui keputusan itu sudah dituangkan dalam keputusan presiden (Keppres) atau belum. Ia juga mengatakan tidak mengetahui waktu pelantikan KSAU yang baru itu.

Dalam kesempatan berbeda, Agus Supriatna bungkam ketika ditanya mengenai calon penggantinya. Ia hanya diam dan berjalan meninggalkan Kompleks Istana Kepresidenan ketika dihujani pertanyaan mengenai hal ini.

Ia dilantik Jokowi pada 2 Januari 2015. Masa jabatannya segera berakhir karena bulan ini memasuki masa pensiun.

Sikap serupa ditunjukkan oleh Gatot Nurmantyo. Ia hanya tersenyum dan tak berkomentar mengenai pergantian KSAU. Sebelumnya, ia telah mengajukan tiga perwira tinggi bintang tiga calon pengganti Agus kepada Jokowi.

Mereka ialah Gubernur Lemhanas Marsekal Madya Bagus Puruhito, Irjen Kementerian Pertahanan Marsekal Madya Hadi Tjahjanto, dan Wakil KSAU Marsekal Madya Hadiyan Sumintaatmadja.

Gatot tak memilih atau menyebut calon kuat di antara ketiga nama itu. Mantan KSAD ini menegaskan, Jokowi sebagai Panglima tertinggi TNI yang memiliki kewenangan tersebut termasuk menentukan waktu pelantikan.