Pemerintah Siapkan Nama 1.106 Pulau untuk Dibawa ke PBB

Aulia Bintang, CNN Indonesia | Selasa, 17/01/2017 14:58 WIB
Pemerintah Siapkan Nama 1.106 Pulau untuk Dibawa ke PBB Pulau yang didaftarkan pemerintah ke UNESCO berjumlah 13.466. Pendaftaran pulau baru terus dilakukan untuk menjaga kedaulatan dan potensi pendapatan negara. (ANTARA FOTO/Ampelsa)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pemerintah akan mendaftarkan 1.106 pulau kecil ke Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO), Agustus mendatang. Langkah itu diambil atas sejumlah pertimbangan, satu di antaranya kedaulatan negara.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengatakan, proses validasi dan verifikasi terhadap pulau-pulau itu sudah selesai. Ia berujar, pendaftaran ke UNESCO akan disusul pemberian nama pulau.

"Ada 1106 pulau yang siap didaftarkan ke PBB, Agustus 2017. Saya berharap presiden bisa mendaftarkan dan menamai pulau-pulau tersebut," kata Susi di Gedung Mina Bahari, Jakarta, Selasa (17/1).
Susi menuturkan, pendaftaran itu vital untuk mencegah negara lain mengambil alih pulau-pulau kecil yang selama ini belum dikelola pemerintah. Ia menyebut pulau tersebut merupakan aset negara yang perlu ditata secara berkesinambungan.


Pemanfaatan pulau kecil, kata Susi, akan meningkatkan pendapatan negara. Di sisi lain, pengelolaan pulau kecil akan berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat lokal.

Di luar 1.106 pulau itu, Susi menyebut pemerintah juga akan mensertifikasi 111 pulau kecil terluar atau yang berada di perbatasan. 

"Sebanyak 111 pulau terluar hak miliknya akan segera diserahkan ke negara. Itu tidak boleh dimiliki negara lain," ucapnya.
Peraturan Presiden 78/2005 melampirkan 92 pulau kecil terluar. Pulau-pulau itu tersebar di sejumlah kawasan dan masuk ke administrasi beberapa provinsi, antara lain Kepulauan Riau, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Maluku Utara, Papua, Nusa Tenggara Timur, Aceh, Jawa Timur, dan Bengkulu.

Sebanyak 92 pulau itu masuk dalam 111 pulau kecil yang akan disertifikasi pemerintah.

Berdasarkan catatan Kementerian Kelautan dan Perikanan, pemerintah baru mendaftarkan 13.466 pulau ke UNESCO. Dari angka itu, terdapat 9.226 pulau yang masing-masing luasnya di bawah 10 hektare. Ada pula 13.237 pulau yang memiliki luas kurang dari 100 kilometer persegi. Ada

Di luar itu, Indonesia juga mempunyai 229 pulau yang luasnya di atas 100 kilometer persegi dan 33 pulau sebesar lebih dari dua ribu kilometer persegi.