Buka Puasa Bersama Ketua DPD, Jokowi Dijamu Sate Kambing

Abi Sarwanto, CNN Indonesia | Selasa, 06/06/2017 22:02 WIB
Buka Puasa Bersama Ketua DPD, Jokowi Dijamu Sate Kambing Di rumah ketua DPD, Jokowi menyantap sate dan sop kambing. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo melanjutkan safari buka puasa bersama di rumah Ketua Dewan Perwakilan Daerah Oesman Sapta Odang, Selasa (6/6). Dalam acara tersebut, Oesman mengaku tidak ada pembicaraan khusus di antara keduanya.

Alih-alih membahas obrolan antara dirinya dengan Jokowi, Oesman malah menyebut menu berbuka yang disantap Presiden Indonesia ke-7 tersebut.

"Enggak ada. Ngomongnya santai dan beliau makan sate 11 tusuk sama sop kaki kambing. Itu saja," kata Oesman usai acara.


Menu-menu tersebut dikatakan Oesman merupakan pesanan dari Ketua Mahkamah Agung Hatta Ali, Ketua Mahkamah Konstitusi Arief Hidayat.

Buka bersama di rumah Oesman merupakan rangkaian silaturahmi ramadan para pejabat negara yang sebelumnya digelar di kediaman Ketua MPR Zulkifli Hasan dan Ketua DPR Setya Novanto.

Oesman menyebutkan, suasana dalam acara buka puasa itu berlangsung cair. Bahkan dia mengklaim hampir seluruh anggota DPD di bawah kepemimpinan baru ikut hadir.

"Inilah suasana mulai dari Ketua MPR, Ketua DPR, Ketua DPD malam ini, semuanya mesra. Alangkah indahnya kalau Indonesia seperti ini rukunnya. Amin? Alhamdulillah," kata Oesman dalam sambutannya.

Jokowi menyatakan, buka puasa bersama akan terus dilanjutkan termasuk bersama para ketua umum partai politik.

"Ya dengan semua. Kemarin sudah dengan Ketua MPR, Ketua DPR, Ketua DPD. Nanti enggak tahu dengan siapa lagi," ujar Jokowi di Kediaman Ketua DPD Oesman Sapta, Selasa (6/6).

Jokowi menuturkan, buka puasa bersama merupakan acara silaturahmi untuk mempererat tali persaudaraan dengan sesama. Melalui buka bersama, permasalahan yang ada dapat diselesaikan melalui musyawarah.

Berdasarkan pantauan, Jokowi datang sekitar pukul 17.30 dan langsung disambut Oesman. Beberapa pejabat yang turut hadir di antaranya Kepala BIN Budi Gunawan, Panglima TNI Gatot Nurmantyo, Ketua DPR Setya Novanto, Ketua MPR Zulkfili Hasan, Ketua MA Hatta Ali, Ketua MK Arief Hidayat, Menko Polhukam Wiranto, dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Turut hadir pula dalam acara kali ini Ketua Majelis Pertimbangan PAN Soetrisno Bachir dan Ketua Dewan Pembina Golkar Aburizal Bakrie.