Dokter Penembak Istri Beli Dua Senjata Api Rp45 Juta

Gloria Safira Taylor, CNN Indonesia | Jumat, 10/11/2017 22:40 WIB
Dokter Penembak Istri Beli Dua Senjata Api Rp45 Juta Ilustrasi senjata api jenis revolver. Senjata jenis ini jadi salah satu yang dibeli Dokter penembak isteri. (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dua pucuk senjata milik dokter Helmi, penembak mati istrinya, Letty, dibeli dengan harga Rp45 juta. Namun, belum diketahui kaitan antara tujuan pembelian senjata api dengan penembakan tersebut.

"Dia membeli dengan harga untuk (senjata api jenis) revolver Rp25 juta dan (senjata api) jenis FN Rp20 juta," ungkap Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono, di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (10/11).


Menurutnya, dua jenis senjata itu diketahui keberadaannya saat Helmi menyerahkan diri ke polisi. Saat petugas menggeledahnya, polisi menemukan dua senjata api tersebut. Saat ini, lanjut Argo, kedua senjata itu masih diperiksa di laboratorium forensik.


Namun demikian, Argo belum dapat memastikan penjual senjata itu dan waktu pembeliannya. "Senjata api didapatkannya dari seseorang, dan sampai sekarang dia belum menyampaikan siapa orang itu," kata dia.

Selain itu, kata Argo, kepolisian juga belum dapat memastikan apakah Helmi menggunakan kedua senjata itu untuk menembak Letty atau tidak, dan tujuan pembelian senjatanya.

"Untuk pendalaman kami masih memerlukan waktu, karena kami tidak (melakukan penyidikan) secara maraton," ujarnya.


Polisi sendiri menjerat Helmi dengan Pasal 340 dan Pasal 338 KUHP soal pembunuhan berencana. Selain ,itu dia juga dijerat dengan UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951 soal penyalahgunaan senjata api. (arh/arh)