Anies: Mari Buktikan Agama Membawa Kesejukan

Mesha Mediani, CNN Indonesia | Rabu, 03/01/2018 10:04 WIB
Anies: Mari Buktikan Agama Membawa Kesejukan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak seluruh umat beragama untuk menjadi duta penebar kedamaian. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak seluruh aparatur sipil negara (ASN) Kementerian Agama dan semua komponen umat beragama bersama-sama menjadi duta penebar kedamaian.

Demikian disampaikan Anies saat membacakan pidato Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pada upacara Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI Ke-72 di Jakarta, Rabu (3/1).

"Marilah kita buktikan bahwa agama sesungguhnya membawa angin kesejukan yang menenteramkan. Dalam damai akan tercipta negeri yang tenteram dan sejahtera," kata Anies.
Pada hakikatnya, lanjut Anies, agama berfungsi menyemai kebaikan dan menebar kedamaian. Kedamaian adalah pesan universal semua agama kepada umat manusia. 


Kedamaian menurutnya akan membawa kebahagiaan, serta jalan menuju kesejahteraan dan kemajuan. 

Selain itu, Anies juga mengingatkan bahwa pada masa kekinian ini, masyarakat yang meliputi warga global hingga generasi digital, menghadapi zaman yang cepat berubah. Sehingga, tugas dan tantangan semakin berat.

"Tuntutan publik semakin tinggi, terbuka, dan spontan. Diperlukan sikap yang tepat dan cerdas dalam merespons tuntutan masyarakat terhadap Kementerian Agama," kata Anies.
Ia juga mengimbau agar para ASN mendengar aspirasi dari berbagai arah supaya mampu mencapai target kinerja sekaligus memenuhi harapan publik. 

"Tidak boleh lagi bekerja dengan kacamata kuda yang minim kepedulian terhadap sekitar," kata Anies.

Kemudian, Anies juga meminta para ASN melatih kepekaan supaya lebih memahami persoalan riil di masyarakat sehingga dapat menentukan prioritas kerja. 

"Dalam bahasa agama, langkah dikenal dengan istilahtaqdimul aham min almuhim, dahulukan yang terpenting daripada yang penting," kata Anies. (sur)