Apeksi dan KPK Diskusi Perkuat APIP untuk Pencegahan Korupsi

Feri Agus, CNN Indonesia | Jumat, 19/01/2018 03:31 WIB
Apeksi dan KPK Diskusi Perkuat APIP untuk Pencegahan Korupsi Koordinator Apeksi, Airin Rachmy Diany berharap lewat koordinasi dengan KPK, pencegahan korupsi dapat ditingkatkan lagi. Satu hal jadi sorotan Apeksi adalah penguatan APIP. (ANTARA FOTO/Reno Esnir).
Jakarta, CNN Indonesia -- Sejumlah anggota Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) menyambangi Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Mereka bertemu dengan pimpinan lembaga antirasuah membahas penguatan pencegahan korupsi di pemerintahan kota seluruh Indonesia.

"Banyak hal yang kita lakukan, bicarakan, dan diskusikan, terutama dalam hal aspek pencegahan (korupsi)," kata Ketua Apeksi, Airin Rachmy Diany yang juga Wali Kota Tangerang Selatan, di gedung KPK, Jakarta, Kamis (18/1).

Airin berharap, lewat koordinasi yang dilakukan Apeksi dengan KPK ini, pencegahan korupsi bisa ditingkatkan. Apalagi, kata dia, saat ini Koordinator Satuan Tugas Pencegahan tersebar di 34 provinsi. Anggota Apeksi terdiri dari 98 kota seluruh Indonesia.


"Jadi mudah-mudahan ini pun bisa membuat komunikasi yang lebih baik lagi di bidang pencegahan," tuturnya.


Airin melanjutkan, salah satu hal yang menjadi sorotan dalam diskusi bersama pimpinan KPK adalah penguatan kelembagaan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP).

KPK sendiri, kata Airin, telah dilibatkan Kementerian Dalam Negeri dalam merevisi Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 Tentang Perangkat Daerah.

"Jadi salah satu hal tadi disampaikan juga oleh pimpinan, penguatan kelembagaan," ujarnya.


Menurut istri terpidana suap Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan itu, salah satu penguatan APIP nantinya pejabat inspektorat di daerah, baik tingkat provinsi, kabupaten maupun akan setingkat dengan Sekretaris Daerah (Sekda).

"Jadi inspektorat nanti secara eseloneringnya nanti akan naik, hampir sama dengan sekda di wilayah masing-masing," kata dia.

Selain itu penguatan secara kelembagaan, disampaikan Airin, APIP juga akan dikuatkan secara kemampuan dalam melaksanakan tugasnya mengawasi pemerintahan tingkat daerah.


Salah satu contoh penguatan APIP yakni dalam melakukan audit dan investigasi serta berkoordinasi dengan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

"Tentu kami berharap dengan adanya revisi ini bisa menguatkan APIP itu sendiri. Jadi tidak hanya menguatkan kelembagaan, tapi secara kemampuan dari APIP itu sendiri," tuturnya. (osc)