Jabat Ketua DPR, Bamsoet Diminta Perbarui Laporan Harta

Feri Agus, CNN Indonesia | Jumat, 19/01/2018 15:17 WIB
Jabat Ketua DPR, Bamsoet Diminta Perbarui Laporan Harta Politikus Partai Golkar Bambang Soesatyo, di Jakarta, 2017. Ia diminta untuk membuat LHKPN terkini karena baru saja dilantik menjadi Ketua DPR. (Foto: CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) meminta Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Bambang Soesatyo memperbarui Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) miliknya. Bamsoet diketahui baru saja dilantik mengemban jabatan di pucuk parlemen.

"Setelah menduduki jabatan baru, mengacu ke Undang-Undang 28 Tahun 1999 (tentang Penyelenggara Negara Yang Bersih Dan Bebas Dari Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme), tentu wajib laporkan LHKPN," ujar Juru Bicara KPK Febri Diansyah saat dikonfirmasi CNNIndonesia.com, lewat pesan singkat, Jumat (19/1).

Febri menyatakan, pelaporan harta kekayaan tersebut merupakan salah satu bentuk pencegahan korupsi. Menurut dia, masyarakat perlu mengetahui harta kekayaan pejabat negara sebagai bentuk transparansi.


"Pelaporan LHKPN merupakan salah satu bentuk pelaksanaan pencegahan korupsi," tuturnya.

Berdasarkan data laporan LHKPN terakhir pada 2016, Bamsoet tercatat memiliki kekayaan senilai Rp62.741.853.941 dan US$211.026. Kekayaan Bamsoet meningkat lebih dari dua kali lipat dibandingkan tahun 2010, yang tercatat di LHKPN sebesar Rp24.116.034.728 dan US$20.095.

Dalam LHKPN terakhirnya itu, mantan Ketua Komisi III DPR ini memiliki sejumlah kendaraan bermotor mewah yang nilainya mencapai Rp18 miliar.

Kendaraan tersebut di antaranya, dua motor Harley Davidson, mobil Hummer H2, Land Rover, Toyota Vellfire, Bentley, Jeep Rubicon, Porsche Cayenne, Ferrari California, Rolls Royce, Mercedez Benz, dan Toyota Fortuner.

Sebelumnya, Bamsoet mengatakan, koleksi kendaraan mewah yang dirinya lakukan hanya untuk penyaluran hobi, yang tak lepas dari kerja kerasnya sejak muda. (arh)