Sandi Siapkan Rumah Tapak DP Nol Rupiah di Rorotan

Tiara Sutari, CNN Indonesia | Rabu, 07/02/2018 21:01 WIB
Sandi Siapkan Rumah Tapak DP Nol Rupiah di Rorotan Wagub DKI Sandiaga Uno mengaku sudah mendapat dukungan pengusaha untuk membangun rumah tapak dengan DP nol rupiah di Rorotan, Jakarta Utara. (CNN Indonesia/Tiara Sutari)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno mengungkapkan, pihaknya akan membangun rumah tapak dengan uang muka atau Down Payment (DP) nol rupiah, di kawasan Rorotan, Jakarta Utara.

"Tadi pagi (bertemu dengan pengusaha) bicarakan soal DP Nol (rupiah). Konsepnya adalah rumah tapak. Di daerah Rorotan," kata dia, di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (7/2).

Pemilihan Rorotan, kata Sandi, karena faktor ketersediaan lahan.


Namun, tersebarnya informasi terkait pembangunan Rumah Tapak DP Nol Rupiah di daerah ini diharapkan tidak membuat inflasi harga tanah di Rorotan.

"Karena itu (di Rorotan) sudah ada lahannya, jadi ya mudah-mudahan tidak memicu inflasi harga di sana," imbuhnya.

Terkait jumlah unit yang akan dibangun, Sandi mengaku masih akan mengkalkulasikannya. Namun, katanya, para pengusaha tersebut telah menawarkan beberapa tipe rumah.

"(Unit) masih dihitung, kita ingin lebih unitnya. Mereka juga ajukan beberapa tipe rumah. Ini nanti sedang dihitung oleh Pak Agustino (Dinas Perumahan)," kata dia.

Sandi mengklaim, para pengusaha itu juga ingin segera meluncurkan program rumah DP nol rupiah tersebut.

"Maunya di-launching sambil nunggu kesiapan BLUD (Badan Layanan Umum Daerah)," ungkapnya.

Diketahui, Sandi mengadakan pertemuan dengan beberapa pengusaha, pada Rabu (7/2). Salah satunya, perwakilan PT Nusa Kirana yang disebut-sebut tertarik menjadi kontrator dalam pembangunan rumah tapak DP nol rupiah.

(arh)