Jokowi Janjikan MRT Beroperasi Maret 2019

Christie Stefanie, CNN Indonesia | Rabu, 07/03/2018 20:30 WIB
Jokowi Janjikan MRT Beroperasi Maret 2019 Presiden Joko Widodo memastikan MRT rute Lebak Bulus-Bundaran HI bisa dinikmati warga Jakarta dan sekitarnya pada Maret 2019. (CNN Indonesia/Christie Stefanie)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo menyatakan fasilitas mass rapid transit (MRT) rute Lebak Bulus-Bundaran Hotel Indonesia sudah bisa dinikmati masyarakat mulai Maret 2019.

Hal itu disampaikan Jokowi usai meninjau langsung pembangunan MRT di kawasan Bundaran Hotel Indonesia dan Bundaran Senayan, sore tadi.

"Saya tanyakan ke Dirut PT MRT, proyek ini akan selesai tepat waktu dan bisa dioperasionalkan secara komersial Maret tahun depan," kata Jokowi di kawasan Bundaran Senayan, Rabu (7/3).


Jokowi sore tadi meninjau dua titik kawasan konstruksi didampingi Direktur Utama MRT William P Sabandar, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, serta Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.

Presiden menyatakan, peninjauan dilakukan sebab MRT merupakan proyek besar pemerintah pusat bersama pemerintah Provinsi DKI Jakarta sehingga ia menginginkan kepastian jadwal selesai.

Terpisah, Sekretaris Perusahaan PT MRT TB Hikmatullah menyatakan secara keseluruhan proyek ini telah mencapai 91,86 persen dengan 11.314 meter rel yang telah terpasang.

Ia berkata, kereta akan tiba di depo Lebak Bulus pada 26 Maret ini. Kereta terdiri dari dua rangkaian dengan masing-masing memiliki enam gerbong. Satu gerbong berkapasitas 200 orang.

"Awalnya diuji coba di depo Lebak Bulus. Agustus masuk track utama. Bertahan sampai Blok M dulu karena akan ada terintegrasi," ucap Hikmatullah.

Gerbong-gerbong produksi Nippon Sharyo Ltd ini telah dikirim dua hari lalu (5/3) dengan Kapal Ellenborg dari Toyohashi Port menuju Tokyo Port.

Hari ini, gerbong itu telah dikirimkan ke Pelabuhan Tanjung Priok dan diperkirakan tiba pada 23 Maret.

(wis)