Amien Rais Anggap Mustahil Poros Ketiga

Dias Saraswati, CNN Indonesia | Selasa, 24/04/2018 20:15 WIB
Amien Rais Anggap Mustahil Poros Ketiga Amien Rais menilai, Pilpres 2019 hanya akan memunculkan dua capres saja, yakni Jokowi dan Prabowo. Poros ketiga disebutnya hampir mustahil. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono).
Jakarta, CNN Indonesia -- Amien Rais menilai perhelatan Pilpres 2019 mendatang hanya akan diikuti oleh dua kubu saja, yakni Joko Widodo dan Prabowo Subianto. Amien melihat, hampir tidak mungkin akan terbentuk poros baru atau ketiga di pilpres tahun depan.

Amien menilai demikian jika melihat peta koalisi sejauh ini. Misalnya sejumlah partai yang memastikan telah mendukung Jokowi antara lain PDIP, Golkar, Nasdem, Hanura, PPP, dan sebagainya.

Di sisi lain ada Gerindra dan PKS yang mendukung Prabowo. Praktis hanya tersisa PAN, Demokrat, dan PKB yang belum menentukan sikapnya.


"Buat saya poros ketiga itu hampir mustahil, alasannya sudah nomplok di pak Jokowi, sudah tingggal berapa partai yang belum," kata Amien di Balai Kota, Jakarta, Selasa (24/4).


Apalagi, kata Amien dengan presidential threshold atau syarat ambang batas pencalonan 20 persen membuat kemungkinan poros ketiga sulit terwujud.

"Kalau misalnya ada satu paket kan harus 20 persen lebih kemudian yang lain sudah tidak mungkin lagi," kata dia.

"Jadi wacana poros ketiga itu hanya untuk memeriahkan suasana, substansinya tidak ada. Saya bisa keliru, tapi menurut saya akhirnya hanya dua paket," ujarnya.

Amien meyakini pertarungan antara Jokowi dan Prabowo di 2019 akan menghasilkan pemenang yang bisa diterima rakyat. Dengan catatan, kata dia, tidak ada kecurangan atau manipulasi suara.

"Asal nanti pilpres itu jangan main uang, tidak mengaco hasil suara, tidak manipulasi, (maka) hasilnya akan diterima secara gembira," ucap Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Amien berharap masing-masing kubu nantinya tidak memainkan politik uang atau menggunakan KPK sebagai alat untuk 'menghajar' lawan politik. Lebih penting lagi, kata Amien, tidak melibatkan kepentingan asing.

"Kalau tiga ini tidak ada, siapapun yang menang saya akan jabat tangan, saya hentak-hentakan, saya gembira sekali," kata Amien.

(osc)