PAN Buka Peluang Usung Amien Rais Jadi Capres

Martahan Sohuturon, CNN Indonesia | Sabtu, 09/06/2018 21:46 WIB
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengaku ikhlas jika urung dijadikan capres oleh partainya dan memandang, salah satunya, Amien Rais, lebih layak darinya. Politikus PAN Amien Rais, di Jakarta, 19 April 2018. (CNN Indonesia/Hesti Rika)
Jakarta, CNN Indonesia -- Partai Amanat Nasional (PAN) berpotensi mengusung politikus senior Amien Rais untuk menjadi calon presiden (capres) pada Pemilu 2019.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan dan Amien sendiri dalam acara Buka Puasa Bersama di Rumah Dinas Zulkifli, di Jakarta, pada Sabtu (9/6).

Mulanya, Zulkifli mengungkapkan hal tersebut saat memberikan sambutan. Dia mempersilakan pihak-pihak yang ingin mengambil kader PAN untuk mengisi kursi capres di Pilpres 2019, walaupun Rapat Kerja Nasional PAN, beberapa waktu lalu, telah mengamanatkan jatah kursi tersebut kepada dirinya.

"Oleh karena itu, walaupun Rakernas menugaskan kepada ketua umum untuk jadi capres, tetapi siapa pun yang ingin memgambil kader terbaik PAN, siapa saja, saya ikhlas," aku dia.

Zulkifli pun menyebut bahwa sejumlah tokoh PAN, seperti Amien, Hatta Rajasa, hingga Soetrisno Bachir, sudah melakukan pengorbanan bagi partai yang lebih besar dibandingkan dirinya.

"Jangan dikira, Hatta itu pengikutnya banyak, pengorbanannya untuk partai enggak usah ditanya lagi. Hatta jauh lebih berhak dari Zulkifli Hasan. Tris [Soetrisno Bachir] pengorbanannya banyak, jauh lebih berhak dari Zulkifli Hasan. Apalagi Pak Amien," tuturnya.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, betas Ketua Umum PAN Hatta Rajasa, politikus senior PAN Amien Rais, di Jakarta, Sabtu (9/6).Ketua Umum Partai Idaman Rhoma Irama, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan, bekas Ketua Umum PAN Hatta Rajasa, politikus PAN Dedi 'Miing' Gumelar, politikus senior PAN Amien Rais, dan Sekjen PAN Eddy Soeparno, di Jakarta, Sabtu (9/6). (Foto: CNN Indonesia/Gloria Safira Taylor)

Terpisah, Amien juga menuturkan bahwa dirinya berpotensi untuk menjadi sosok capres yang diusung PAN.

Menurutnya, PAN akan mengusung kader-kader terbaik untuk menjadi capres di Pilpres 2019 dalam Rakernas mendatang. Ia tak menutup peluang pun tak menutup kemungkinan untuk nama selain dirinya seperti Zulkifli, Hatta, dan Soetrisno sebagai capres dari PAN.

"Saya ajak saudara, nanti ini PAN lewat rakernas dipimpin Zulkifli tidak akan berlebihan. Jadi kami akan capreskan tokoh-tokoh partai kami sendiri, yaitu, pertama, Zulkifli, kedua Soetrisno, ketiga Hatta Rajasa, keempat Amien Rais," tutur Amien, yang merupakan Ketua Dewan Kehormatan PAN itu.

Mantan Ketua MPR itu kemudian mengaku sering dihibur oleh sejumlah pihak atas sindiran yang menyebut dirinya sudah "bau tanah dan tua bangka".


Hiburan itu berupa permintaan agar Amien belajar dari Mahatir Mohamad yang berhasil memenangkan kursi Perdana Menteri Malaysia di usia senja.

"Saudara-saudara, saya sering dihibur oleh orang-orang. Pak Amien sudah bau tanah, tua bangka dan sebagainya, karena Mahathir satu angkatan di atas Amien bisa memenangkan [Pemilu]. Jadi, Pak Amien jangan pernah mengatakan never say no. Bapak jangan begitu pak," tandas Amien.

(arh/arh)