Polisi Sebut Macet Arus Mudik di Tol Cikarang Utara Terurai

Gloria Safira Taylor, CNN Indonesia | Kamis, 14/06/2018 00:55 WIB
Polisi Sebut Macet Arus Mudik di Tol Cikarang Utara Terurai Ilustrasi. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono mengatakan kemacetan lalu lintas arus mudik di tol Cikarang Utara (Cikarut) telah terurai.

Hal itu diketahui berdasarkan pemantauan melalui jalur darat dan udara oleh Wakapolda Metro Jaya Brigjen Purwadi di jalur mudik tersebut. Pemantauan dilakukan karena pada Selasa (12/6) malam kemacetan sempat terjadi di kawasan tersebut.

"Sampai tadi sore ini juga sudah kami lakukan pemantauan di sana untuk kendaraan aman dan lancar di tol," ujarnya di Mapolda Metro Jaya, Rabu (13/6) malam.


Berdasarkan pemantauan jalur darat, dikatakan Argo kecepatan mobil antara 30 hingga 40 kilometer per jam. Artinya, kepadatan memang terjadi tetapi mobil masih dapat berjalan dan tidak berhenti di tempat.

Sedangkan dari pemantauan udara, Argo mengatakan Purwadi melihat tersendatnya lalin di jalur tersebut diduga karena terdapat sejumlah mobil yang berjalan secara perlahan. Hal itu mengakibatkan melambatnya laju mobil yang berada di belakang kendaraan tersebut.

"Kadang-kadang kendaraan di depan itu berjalan pelan kemudian di belakangnya antre sehingga orang mau menyalip akhirnya agak terkendala, jadi akhirnya ke belakang membuat seperti ada kerapatan kendaraan tapi itu semua bisa terurai oleh kepolisian dan Jasa Marga," tuturnya.

Argo mengatakan pada hari ini sebanyak 120 ribu kendaraan telah keluar Jakarta dari Tol Cikarang Utara.

Untuk kepadatan lalin pada malam ini, Argo pun memprediksi kepadatan akan berkurang. (wis/wis)