Fahri Wacanakan Musyawarah Luar Biasa untuk Selamatkan PKS

Joko Panji Sasongko, CNN Indonesia | Kamis, 02/08/2018 16:02 WIB
Fahri Wacanakan Musyawarah Luar Biasa untuk Selamatkan PKS Politikus PKS Fahri Hamzah berencana bertemu Anis Matta untuk membahas Musyawarah Majelis Syuro Luar Biasa. (CNN Indonesia/Abi Sarwanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Politikus PKS Fahri Hamzah berencana menemui mantan Presiden PKS Anis Matta untuk membahas gelaran Musyawarah Majelis Syuro Luar Biasa. Agenda itu diklaim sebagai bentuk untuk menyelamatkan PKS dari kehancuran.

"Saya kira, saya akan berkonsultasi dahulu dengan teman-teman dan para senior (untuk bahas Musyawarah Majelis Syuro PKS)," ujar Fahri di Gedung DPR, Jakarta, Kamis (2/8).

Fahri mengatakan PKS saat ini dalam ancaman. Selain berpotensi gagal di Pileg 2019, ia berkata PKS juga berpeluang bubar.


Situasi yang mengancam itu disebut Fahri akibat buruknya tata kelola partai dan kepemimpinan saat ini. Ia mengklaim banyak kader partai yang dilengserkan karena aspirasinya berbeda dengan pimpinan.

Bahkan, Fahri tidak segan menyebut pengurus partai PKS bertindak amatir dalam melakukan lobi politik di Pilpres 2019.

"Itu menyebabkan citra dan reputasi partai makin lama makin terpuruk. Sehingga saya memprediksi partai ini bisa hilang di pemilu yang akan datang," ujarnya.

Lebih lanjut, Fahri menjelaskan alasannya berkonsultasi dengan Anis lantaran menganggap Anis sosok yang bisa membuat kader PKS tergerak untuk menyelamatkan PKS.

Selain itu, Anis disebut sebagai kader yang secara sistematis dilengserkan dari struktur PKS.

"Dia (Anis) yang paling sistematis dihancurkan. Dia yang paling sabar dalam penyingkiran ini. Saya akan ketemu dia juga untuk melaporkan apa yang sudah terjadi," ujar Fahri.

Terkait dengan niatnya itu, Fahri yakin akan mendapat dukungan dari kader PKS yang lain. Sebab, ia melihat sudah banyak kader yang melakukan pembangkangan karena kecewa dengan kepemimpinan PKS saat ini.

Beberapa kader PKS bahkan melakukan gerakan menolak untuk dicalegkan. Akibat dari hal itu, salah satu kader PKS di Dewan Syariah PKS, yakni Ahmad Zainuddin dipecat dari struktur PKS.

"Ini senior semua ini gara-gara tidak mau nyalonin diri jadi anggota DPR mereka dipecat, dikeluarin dari struktur semuanya. Ini, kan, jadi rusak. Sekali lagi saya ingin membantu menyelamatkan partai," ujarnya.

(ugo)