PKS Klaim Punya Hak Prioritas Isi Kursi Kosong Wagub DKI

Bimo Wiwoho & Feri Agus, CNN Indonesia | Jumat, 10/08/2018 17:28 WIB
PKS Klaim Punya Hak Prioritas Isi Kursi Kosong Wagub DKI Sohibul Iman. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Sohibul Iman mengklaim Gerindra memberikan hak prioritas kepada PKS untuk mengisi posisi wakil gubernur (Wagub) DKI Jakarta yang ditinggalkan Sandiaga Uno. 

Menurut Sohibul, Gerindra menyerahkan posisi Wagub DKI Jakarta ke PKS lantaran legawa memberikan posisi calon wakil presiden kepada Sandiaga.

"Tentu dari PKS (yang telah) memberikan posisi wakil presiden. Tentu mereka (Gerindra) memberikan hak prioritas kepada PKS untuk menjadi Wagub," kata Sohibul di Kantor KPU, Jakarta, Jumat (10/8).



Menurut Sohibul, secara aturan yang bisa menggantikan posisi Sandiaga adalah kader dari PKS maupun Gerindra, yang menjadi pengusung pasangan Anies Baswedan-Sandiaga saat Pilkada DKI Jakarta 2017 lalu. Ia menyebut akan membicarakan lebih lanjut soal posisi ini dengan Gerindra.

"Secara aturan yang bisa ganti Pak Sandi itu kan dari PKS dan Gerindra, karena dulu yang ngusung dari dua partai itu. Jadi nanti akan diusung oleh dari PKS dan Gerindra," ujarnya.

Saat disinggung sosok yang akan disodorkan menjadi Wagub DKI Jakarta adalah Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera, Sohibul belum mau bicara tegas. Menurut Sohibul, pembahasan mengenai pengganti Sandiaga akan dilakukan pada Senin (13/8) pekan depan.

"Dalam waktu dekat ini, tapi nanti Senin kami sudah proses, di situ baru tahu namanya," kata dia.


Sementara itu, Mardani Ali Sera sendiri enggan membenarkan kabar dirinya bakal didorong menjadi wakil gubernur DKI Jakarta. Meski begitu, dia pun tidak membantah.

"Doakan yang terbaik dari Allah SWT," ucap Mardani saat dihubungi, Jumat (10/8). (DAL)