H+15 Total 79 Korban Lion Air PK-LQP Teridentifikasi

CNN Indonesia | Senin, 12/11/2018 14:01 WIB
H+15 Total 79 Korban Lion Air PK-LQP Teridentifikasi Keluarga korban kecelakaan Pesawat Lion Air JT-610. (CNN Indonesia/Setyo Aji Harjanto).
Jakarta, CNN Indonesia -- Tim Disaster Victim Identification (DVI) Polri kembali mengidentifikasi dua korban kecelakaan pesawat Lion Air PK-LQP dengan nomor penerbangan JT610 yang jatuh di perairan Karawang, Jawa Barat. Dengan demikian total jenazah yang telah diidentifikasi hingga Senin (12/11) berjumlah 79 jenazah.

"Untuk penumpang yang terdentifikasi juga masih sama 79 individu atau penumpang, terdiri 59 laki-laki dan 20 orang perempuan," ujar Kepala Bidang DVI Pusdokkes Polri Komisaris Besar Lisda Cancer di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur, Senin (12/11).

Dua penumpang Lion Air yang telah teridentifikasi ini adalah Rivandi Pranata dan Joyo Nuroso. Kedua jenazah tersebut teridentifikasi melalui tes DNA.


Lebih lanjut, Lisda mengatakan sampai saat ini RS Polri telah menerima total 195 kantong jenazah. Ke-195 kantong jenazah itu sudah seluruhnya diperiksa oleh tim DVI Polri.

"Dari 195 kantong jenazah sudah kami lakukan pemeriksaan semuanya, sudah kami ambil sampel DNA, sehingga saat ini menunggu hasil pemeriksaan DNA masih dalam proses," tuturnya.

Sementara itu, untuk data antemortem yang sudah dilaporkan sebanyak 256 pelapor. Secara rinci, data antemortem diterima dari RS Polri sebanyak 213 pelapor dan dari Polda Bangka Belitung sebanyak 43 pelapor.

"Jumlah data antemortem yang reverifikasi adalah 189," ujar Lisda.

Lisda menuturkan timnya masih mengalami kendala dalam mendapatkan profil DNA dari korban. Apalagi, seiring berjalannya waktu kualitas sampel DNA ini bakal berangsur menurun.

"Kendalanya sampai saat ini kami masih berusaha mendapatkan profil DNA, dan saat ini kendalanya masih di DNA tapi dengan berjalannya waktu tentunya sampel DNA ini akan berkurang kualitasnya untuk pemeriksaan DNA" paparnya. (sah/osc)