Ma'ruf Amin Diprediksi Jadi Eksekutor Isu HAM bagi Prabowo

CNN Indonesia | Rabu, 16/01/2019 21:08 WIB
Ma'ruf Amin Diprediksi Jadi Eksekutor Isu HAM bagi Prabowo Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin diprediksi akan mengambil peran penting dalam arena debat capres-cawapres esok hari (17/1). Ma'ruf diperkirakan akan menjadi 'eksekutor' yang akan melempar pertanyaan soal kasus pelanggaran HAM masa lalu kepada capres nomor urut 02 Prabowo Subianto.

Prediksi tersebut dikemukakan oleh Deputi Direktur Riset Lembaga Studi dan Advokasi Masyarakat (ELSAM) Wahyudi Djafar. Wahyudi mendasari prediksinya tersebut dari peran serupa yang dilakoni oleh Jusuf Kalla saat mendampingi Joko Widodo dalam debat capres pada 2014 silam.

"Artinya peluang itu juga mungkin seperti pada 2014, yang menanyakan persoalan itu kan Pak JK, bukan Pak Jokowi," ujar Wahyudi dalam sebuah diskusi di bilangan Cikini, Rabu (16/1).

Faktor lain yang memperkuat dugaan Wahyudi ini adalah pernyataan Ma'ruf pada akhir tahun lalu yang menyinggung beban sejarah Prabowo terkait pelanggaran HAM. 


"Mungkin Pak Ma'ruf akan menanyakan itu karena beberapa waktu lalu statement di media menyatakan Jokowi bukan penculik, itu kan seperti memberi pesan bahwa Pak Ma'ruf akan menanyakan soal itu," ucap Wahyudi.

Meski tak menyebut nama langsung, kala itu, mantan Rais Aam Nahdlatul Ulama tersebut memuji Jokowi yang tak pernah mengambil tindakan keras kepada masyarakat selama empat tahun memimpin sebagai presiden. Lantas, ia menyinggung Jokowi tak pernah melakukan penculikan ataupun membunuh masyarakat Indonesia.

"Menurut saya positif semua, mana ada beliau menculik orang, menganiaya orang, enggak pernah membunuh orang, enggak pernah," kata Ma'ruf saat ditemui di Pesantren Mathla'ul Anwar Linahdlatil Ulama, Pandeglang, Banten pada Sabtu, 29 Desember 2018.

Lima tahun silam dalam debat capres yang berlangsung di Balai Sarbini, Jusuf Kalla melempar pertanyaan tajam untuk mendebat Prabowo di seputar topik HAM. Kepada Prabowo, JK melempar pertanyaan "Bagaimana pemimpin yang baik menjaga hak asasi manusia?" Pertanyaan ini kemudian dijawab oleh Prabowo dengan panjang lebar yang kemudian disertai nada meninggi.

Ikuti livestreaming, live report, dan cek fakta debat capres 2019 di CNNIndonesia.com pada 17 Januari 2019 mulai pukul 19.00 WIB. (bin/dea)