Seorang Nenek Menangis Keluhkan Penyakit Gula ke Jokowi

CNN Indonesia | Jumat, 18/01/2019 20:08 WIB
Seorang Nenek Menangis Keluhkan Penyakit Gula ke Jokowi Presiden Joko Widodo. (CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan)
Garut, CNN Indonesia -- Mengenakan gamis hitam dengan kerudung berwarna biru, seorang nenek bernama Dedeh menanti kehadiran Presiden Joko Widodo di Alun-alun Cibatu, Garut, Jawa Barat.

Dedeh mengaku ingin bertemu dan mencium tangan Jokowi. Niat perempuan lansia itu sempat dihalangi Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) yang berjaga di sekitar lokasi acara.

Dedeh diminta untuk tidak mendekat Jokowi yang sedang melihat aneka makanan yang dipamerkan para peserta program Membina Ekonomi Keluarga Sejahtera (Mekaar) binaan PT Permodalan Nasional Madani (Persero).


Jokowi melihat jajanan tersebut bersama Ibu Negara Iriana, Menteri BUMN Rini Soemarno, serta Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Mantan gubernur DKI Jakarta yang mengenakan kemeja putih dengan celana jin berwarna biru itu mendatangi satu per satu meja tempat makanan disajikan.

Nenek Dedeh berdiri di seberang dari lokasi Jokowi dan rombongan yang tengah melihat aneka makanan.

Dedeh terus mengelukan nama Jokowi. Jokowi dan rombongan terus berjalan melihat aneka makanan. Sesekali calon presiden nomor 01 itu meladeni masyarakat yang ingin berfoto bersama.

Setelah melihat aneka makanan, Jokowi akhirnya sampai di dekat Dedeh berdiri. Tanpa berpikir panjang, Dedeh langsung maju menghampiri Jokowi yang berdiri tiga langkah di depannya sembari memanggil-manggil.

"Pak, bapak, bapak, bapak abi (saya) mau salim," kata Dedeh seraya mengulurkan tangan menarik tangan Jokowi.
Tangis Dedeh pecah. Dia sampai tiga kali mencium tangan Jokowi sambil terus menangis. Jokowi sempat terdiam. Orang nomor satu di Indonesia itu lantas menanyakan rumah nenek yang masih menangis.

Raut bahagia terpancar dari wajah Dedeh setelah bisa mencium tangan Jokowi. Sambil menitikan air mata, Dedeh menyampaikan mengeluhkan kondisi kesehatannya. Dia mengaku menderita sakit gula sampai tak bisa berjalan.

"Gula 600 (mg/dl), periksa dokter sudah setahun baru bisa jalan," ujar Dedeh kepada Jokowi.

Selepas itu, Dedeh juga meminta bersalaman dengan Iriana. Mendengar permintaan itu, Jokowi langsung meminta Iriana yang berdiri di belakangnya maju menghampiri Dedeh yang ingin bersalaman.

Sama seperti saat bersalaman dengan Jokowi, Dedeh beberapa kali mencium tangan Irian. Dedeh merasa bersyukur bisa bersalaman dengan Jokowi dan Iriana.

"Alhamdulillah, makasih bu, makasih banyak," ujarnya.

Tak berselang lama Menteri BUMN Rini Soemarno dan Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita langsung menghampiri Dedeh.

Jokowi pun memberitahu Dedeh bahwa kedua orang tersebut adalah Menteri BUMN dan Menteri Sosial.

Keluhan Dedeh lantas langsung ditindaklanjuti Rini dan Agus Gumiwang.
(fra/ugo)