LIVE REPORT

Live Report: Debat Capres Kelima Pilpres 2019

Live Report: Debat Capres Kelima Pilpres 2019

Pasangan calon presiden dan calon wakil presiden Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno untuk terakhir kalinya beradu visi dan gagasan di panggung debat capres kelima di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/3) malam.

[Gambas:Video CNN]

Debat digelar empat hari menjelang hari pencoblosan, 17 April 2019.

  • 13 Apr 22:58

    Debat Selesai, Selamat Memilih Pemimpin

    Debat kelima ditutup dengan pernyataan Ketua KPU Arief Budiman. Arief mengingatkan bahwa debat kelima sekaligus menandai berakhirnya tahapan kampanye Pilpres 2019. Dia juga berharap rangkaian debat dan kampanye yang sudah dilaksanakan dapat menjadi panduan bagi pemilih untuk memilih pemimpin saat hari pencoblosan 17 April mendatang. 

    Setelah penutup dari Arief, moderator memanggil kedua pasangan calon dan tim kampanye masing-masing naik ke atas panggung. Lagu Indonesia Pusaka karya Ismail Marzuki pun dilantunkan untuk menutup debat terakhir Pilpres 2019.
  • 13 Apr 22:49

    Pernyataan Penutup Prabowo-Sandi: Jangan Politisasi Dana Desa

    Giliran paslon nomor urut 02 memberikan pernyataan penutup. Sandiaga berjanji dirinya dan Prabowo akan mengabdi untuk bangsa Indonesia. Sandiaga mengatakan mereka berkomitmen tak mengambil gaji seandainya terpilih di PIlpres 2019. Gaji itu akan diberikan ke kaunm dhuafa.

    Sandi juga memplesetkan Tempat Pemungutan Suara (TPS) menjadi Tusuk Prabowo Sandi.

    "Saatnya kita ajak kerabat-kerabat ke TPS karena singkatan TPS adalah Tusuk Prabowo-Sandi, mau cari kerja gampang? Tusuk Prabowo-Sandi, mau pemerintahan bersih? Tusuk Prabowo-Sandi, mau harga-harga beras bahan pokok terjangkau? ke TPS Tusuk Prabowo-Sandi, mau harga listrik turun? ke TPS Tusuk Prabowo-Sandi, mau tenaga medis pasien BPJS diperbaiki? Tusuk Prabowo-Sandi, guru honorer mau kesejahteraan lebih baik? Tusuk Prabowo-Sandi, Anak Muda mau lapangan kerja? Tusuk Prabowo-Sandi, mau PKH kita tingkatkan jadi PKH plus? Tusuk Prabowo-Sandi, Setop Impor saat panen? Tusuk Prabowo-Sandi," kata Sandiaga.

    Sandiaga lalu menolehkan pandangan ke Prabowo dan mempersilakan capres itu bicara. "Your turn bro!"

    Dalam pernyataan penutupnya Prabowo menyindir Jokowi soal Undang Undang Desa. Dia berkata UU Desa adalah gagasannya.

    "Dan salah satu inisiatornya saya sendiri sebagai Kepala HTI. Rekamannya ada semua," klaim Prabowo.

    "Dan, itu sudah digelontorkan. Itu adalah hak rakyat di desa, dan itu jangan dipolitisasi," sambungnya.

    Prabowo pun mempertanyakan soal penguasaan saham Freeport. Sebab, kata dia, laporan Frepoort McMoran menyebutkan bahwa 82 persen keuntungan menjadi milik mereka.

    [Gambas:Video CNN]
  • 13 Apr 22:39

    Pernyataan Penutup, Jokowi-Ma'ruf Ingatkan Jangan Kufuri Pembangunan

    Debat memasuki sesi terakhir, pernyataan penutup dari masing-masing calon. Pasangan calon nomor 01 mendapat kesempatan pertama. Cawapres Ma'ruf Amin mengatakan kemajuan ekonomi dan kesejahteraan rakyat akan terwujud melalui upaya-upaya nyata dalam pembangunan baik di bidang infrastruktur maupun SDM.

    "Reformasi struktural sejak 1998, tapi reformasi yang substansitf kita rasakan sejak 2014. Mengapa? Karena Jokowi-JK telah banyak melakukan hal, membangun infrastruktur, membangun kebijakan di bidang investasi sehingga memperoleh predikat invesment grid. Di bidang sosial mengembangkan jaminan bantuan sosial," kata Ma'ruf.

    Akan tetapi, Ma'ruf menyatakan  pekerjaan belum selesai. Karena itu dia menegaskan bakal melanjutkan pekerjaan yang belum selesai untuk kemajuan Indonesia.
    [Gambas:Video CNN]
    Menambah Ma'ruf, Jokowi mengatakan jangan kufur atas apa yang telah diperoleh dalam membangun negara selama ini.

    "Kita wajib bersyukur. Jangan kufur inflasi terjaga, tingkat pengangguran terus turun, kemiskinan sudah satu digit itu harus kita syukur. Bukan kesulitan yang membuat kita takut, sering kali ketakutan lah yang membuat kita sulit. Jadi, jangan pesimis, jangan mudah menyerah optimis. Kita harus selalu optimis," tutur Jokowi.

    Ia pun mengajak pemilih ke TPS pada 17 April mencoblos Jokowi-Ma'ruf.

    "Saya dan Pak Kiai Ma'ruf Amin menjamin persahabatan dan silahturahmi. Saya, Pak Kiai, Pak Prabowo dan Pak Sandi tidak pernah putus. Kita sebagai anak bangsa, jangan saling bermusuhan. Kita satu anak bangsa," tutur Jokowi.
  • 13 Apr 22:37

    Ma'ruf Tanya Prabowo soal Elite Satu Persen

    Calon wakil presiden nomor urut 02 menyinggung pernyataan Prabowo Subianto soal elite satu persen menyimpan kekayaan Indonesia. Menurut Ma'ruf rival-rival politiknya itu termasuk dalam 1 persen tersebut.

    "Bagaimana konsep bapak dalam mendukung pemerataan?" tanya Ma'ruf.

    Menjawab itu, Prabowo mengaku dirinya adalah bagian dari satu persen tersebut. Namun, klaimnya, ia tak pernah menutup-tutupi.

    "Saya bilang, Saya bagian dari satu persen yang mengerti tanggung jawab saya untuk negara dan rakyat. Saya siap, jangankan harta, nyawa dan jiwa raga saya, saya siap berikan untuk rakyat dan bangsa saya. Jadi jangan permasalahkan," tegas Prabowo.

    Prabowo juga menekankan soal pemerataan lapangan kerja, produktivitas, dan investasi di bidang pendidikan dan kesehatan untuk menanggulangi ketimpangan

    Menanggapi Prabowo, Jokowi mengatakan pembangunan infrastruktur di luar Jawa akan memunculkan titik-titik ekonomi baru. 

    Jokowi juga mencontohkan soal dana desa sebagai strategi menanggulangi ketimpangan dan menciptakan pemerataan.
  • 13 Apr 22:34

    Jokowi Sindir Jawaban Prabowo soal Ekonomi Digital

    Calon wakil presiden Ma'ruf Amin mendapat kesempatan bertanya. Namun sebelum itu Jokowi sempat menyindir Prabowo dengan menyebut jawaban Ketua Gerindra itu tidak nyambung saat ditanya soal ekonomi digital.

    "Bahwa tadi saya bertanya mengenai pengembangan e-sport, mobile legend, saya ingin bercerita mengenai PUBG, DOTA, dan lain-lain. Tapi, jawaban bapak tidak nyambung, ya mohon maaf. Tapi, yang ingin bertanya sekarang bapak Kiai Ma'ruf Amin," kata Jokowi.
  • 13 Apr 22:24

    Prabowo Kritik Jokowi soal BUMN

    Prabowo merespons paparan Jokowi soal BUMN dengan menyebut mantan Gubernur DKI itu tak mengerti persoalan yang tengah terjadi di BUMN-BUMN Indonesia.

    "Saat ini kami lihat benteng-benteng itu goyah," sindir Prabowo sambil menyebutkan studi dari Bloomberg.

    "Mau bikin holding-holding, tapi yang sekarang saja tidak dikelola dengan baik," kata Prabowo.

    Menanggapi itu, Jokowi meminta Prabowo-Sandi mengecek besar setoran deviden BUMN ke APBN.

    "Naik atau turun," tantang Jokowi.
    [Gambas:Video CNN]
    Jokowi pun lantas membanggakan pengelolaan Blok Rokan, Blok Mahakam yang sekarang sudah dikelola Pertamina. Serta  Freeport yang sudah diambil Inalum sebesar 51,2 persen.

    "Sebagai pemimpin saya tidak mau membuka masa lalu BUMN, tapi memang ada satu, dua, tiga yang salah kelola ada yang kita perbaiki. Saya tidak ingin menyalahkan mereka saya ingin mencari solusi agar BUMN kita membaik," kata Jokowi.
  • 13 Apr 22:22

    Ditanya BUMN, Jokowi Sebut Akan Bangun Super Holding

    Merujuk pada sebuah surat yang disebut diterimanya terkait BUMN, Sandiaga mempertanyakan strategi Jokowi soal perusahan pelat merah jadi world class company.

    Menjawab itu, Jokowi menyatakan ke depannya ingin membangun holding-holding BUMN berkaitan dengan  migas, pertanian dan perkebunan, serta perdagangan.

    "Artinya nanti akan ada holding-holding yang di atasnya ada super holding. Oleh sebab itu BUMN harus berani keluar dari kandang untuk menjadi pionir membuka pasar jaringan network semoga bisa masuk dan mengikuti mereka," kata Jokowi.

    Lewat kekuatan holding besar itu, kata dia akan mudah bagi perusahaan pelat merah mengerjakan proyek di luar. Jokowi lalu mencontohkan yang sudah dilakukan dalam proyek konstruksi di Timur Tengah, dan ekspor kereta api ke Bangladesh.
  • 13 Apr 22:12

    Jokowi Perdebatkan Sandi soal Masalah Ibu Nurjanah

    Jokowi menyindir Sandiaga soal orang-orang yang disebutkan cawapres 02 itu untuk menganalogikan pengelolaan ekonomi negara. Menurutnya persoalan personal tak bisa dijadikan acuan pengelolaan ekonomi makro.

    "Ekonomi makro bukan mikro, yang sekali bangun langsung jadi. Tidak bisa seperti bapak bilang ibu ini, ibu ini. Ini ekonomi makro tidak bisa orang per orang jadi patokan," kata JOkowi.

    "Tidak mungkin melakukan kebijakan berdasarkan satu, dua, atau tiga orang yang menyampaikan keluhan pada bapak dan itu sering bapak sampaikan sebagai contoh mengelola ekonomi makro. Tidak bisa seperti itu," kata Jokowi.

    Menanggapi Jokowi, Sandiaga mengatakan ibu Mia dan Ibu Nurjanah adalah beberapa dari tokoh-tokoh yang ditemuinya dari 1.550 kunjungan selama kampanye di seluruh Indonesia.

    "Dan, secara agregat itu yang disampaikan mereka bahwa ibu-ibu kita mengeluh harga-harga bahan pokok mahal. Dan, ini fakta mungkin di atas kertas yang kita terima angka baik-baik saja tapi saya tidak temui," kata Sandiaga.
  • 13 Apr 22:05

    Sandiaga Bertanya dan Sindir Program Kartu Jokowi

    Prabowo-Sandi mendapat giliran bertanya di sesi pertanyaan terbuka ini. Sandi mengajukan pertanyaan soal pelayanan digital dan menyindir program kartu Jokowi yang menurutnya sangat tidak digital.

    "Kami menawarkan satu kartu yang sangat sakti yaitu e-KTP," sindir Sandiaga.

    Ia lalu menyoroti neraca ekonomi Indonesia dengan China, dan banjir impor produk dari luar negeri termasuk migas. Sandiaga pun mempertanyakan langkah kongkret Jokowi membalikkan neraca perdagangan sehingga bukan hanya mengimpor.

    Menjawab itu, Jokowi mengakui berdasarkan data terbaru pada 2018 neraca Indoensia defisit sekitar US$8 miliar. Namun, sambung Jokowi, pada kuartal tahun ini defisit turun US$0,67 miliar dolar

    "Artinya usaha kita mengurangi ini bukan main-main. Apa yang kita lakukan kedepan subtitusi barang impor harus dilakukan di indonesia," kata Jokowi.

    Di bidang migas, Jokowi mengatakan mulai pembangunan lagi refinery (unit pengolahan). Selain itu, ia mengedepankan lagi soal hilirisasi industri sebagai kunci.

    Menanggapi Jokowi, Sandiaga mengatakan dari data Februari 2018 yang dipegang pihaknya defisit perdagangan turun karena impor turun.

    "Namun impor yang turun itu adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk proses produksi kita. Ini justru malah mengkhawatirkan kita," kata Sandiaga.

    Sandiaga menyebut seandainya defisit neraca turun, seharusnya harga pokok terjangkau, dan kebutuhan energi tak dikeluhkan ibu-ibu di seluruh Indonesia.

    "Misal saya selalu tanya harga listrik turun atau naik? naik. Harga pokok? naik. Nah ini tidak terselesaikan... Kami memiliki strategi big push strategy kita kembangkan bagaimana swasembada pangan. Kita dorong proses produksi petani dapat mendapatkan bibit dan setop impor saat panen," kata Sandiaga.

    Sandiaga pun menyatakan bersama Prabowo dirinya menjanjikan persoalan itu terselesaikan tanpa perlu kartu-kartu baru.
  • 13 Apr 21:54

    Jokowi Sebut Harus Tanggap Tren Digital, Prabowo Jawab Swasembada Pangan

    Menanggapi jawaban Sandiaga, Jokowi mengatakan pemerintah harus cepat tanggap dan respons cepat pada pertumbuhan teknologi serta tren digital.

    Jokowi lalu menyebut Artificial Inteligent hingga cryptocurrency

    "Anak-anak senang menjadi gamers, oleh sebab itu pemerintah membangun infrastruktur digital broadband kecepatan tinggi, palapa ring, 4G," kata Jokowi.

    Jokowi lantas mengatakan dalam catatan dirinya nilai ekonomi dari industri digital pada 2017 itu perputarannya mencapai setidaknya Rp11-12 triliun per tahun, dengan pertumbuhan 25-30 persen

    "Jangan sampai terlewat merespons pertumbuhan yang ada," tegas Jokowi.
    [Gambas:Video CNN]
    Menjawab itu, Prabowo mengatakan dirinya akan fokus pada kebijakan yang mendasar dalam hidup yakni kebutuhan pangan.

    "Tingkatkan produksi pertanian, tingkatkan penghasilan, petani, lindungi nelayan, tingkatkan kualitas buruh dan guru hnonorer. Digital-digital itu bagus, tapi warga butuh swasembada pangan, harga terjangkau, harga turun, kita harus jaga indonesia. itu kita akan fokus," tegas Prabowo.

    Jawaban Prabowo itu ditambah Sandiaga bahwa dirinya teringat dengan Rahman, seorang generasi milenial yang ditemuinya di Sidrap, Sumatera Selatan.

    "Beliau menggunakan teknologi di industri pertanian. Dan waktu bertugas di DKI perusahan daerah Food Station membeli beras dari milenial yang masuk ke industri ke pertanian," kata Sandiaga seraya menegaskan ingin menciptakan Rahman-Rahman lain di Indonesia yang bisa meningkatkan sektor pertanian.

    Sandiaga menegaskan Indonesia harus bisa menjadi kekuatan ekonomi pangan dan energi dunia.
  • 13 Apr 21:44

    Jokowi Tanya soal e-Sport, Prabowo Beri Isyarat ke Sandiaga

    Memasuki segmen pertanyaan terbuka, Jokowi mendapat kesempatan pertama untuk bertanya. Dia ingin tahu bagaimana langkah Prabowo mengembangkan ekonomi digital

    "Dalam hal ini e-Sport," tanya Jokowi.

    Prabowo memberikan setidaknya tiga kali isyarat tangan kepada Sandiaga untuk menjawab pertanyaan Jokowi itu.

    "Kita memiliki peluang menciptakan produk-produk karena sektor ekonomi kreatif ini hebat-hebat. Saya keliling seluruh wilayah Indonesia menanamkan optimisme bagi generasi pop," jawab Sandiaga.

    Namun, Sandiaga tak ingin generasi muda Indonesia hanya menjadi pengonsumsi produk-produk e-Sport dari luar negeri. Oleh karena itu, kata dia, program rumah siap kerja akan turut membuat Indonesia jadi tuan rumah e-Sport bukan hanya pengonsumsi.

    "Tapi jangan sampai e-sport sampai memengaruhi akhlakul karimah," sambungnya.
  • 13 Apr 21:34

    Ma'ruf Banggakan Komite Nasional Syariah yang Digagas Jokowi

    Perdebatan soal rasio pajak bergeser ke ekonomi syariah. Di bidang ini Ma'ruf Amin membanggakan Komite Nasional Syariah yang dibangun pemerintahan Jokowi saat ini sebagai cara mengembangkan ekonomi dan menjadikan Indonesia jadi Islamic Finance Center

    "Dan kita juga memperkuat posisi-posisi lembaga keuangan dengan penguatan lembaga dan bentuk pelayanan seperti fintech lalu produk2 nya yang lebih market friendly dan membangun sumber daya manusia," tutur Ma'ruf.

    Menambahkan Ma'ruf, Jokowi membanggakan Indonesia yang telah dinobatkan sebagai nomor satu di bidang wisata halal.

    "Alhamdulillah kita juga akan membuka halal park di dekat GBK," kata Jokowi terputus karena waktu habis.

    Namun, soal posisi Indonesia dalam bidang ekonomi syariah itu dibantah Sandiaga. Menurutnya dalam Global Islamic Economic Index dirinya melihat Indonesia masih peringkat 10, padahal memiliki penduduk Islam terbesar sedunia.

    Menurut Sandiaga seharusnya ranking Indonesia bisa lebih baik. Kemudian pada grafik pengimpor barang-barang halal, kata Sandiaga, Indonesia nomor empat.

    Oleh karena itu dirinya dan Prabowo ingin memperkuat ekosistem produksi barang halal dan memperbesar ekspornya sehingga tak hanya jadi pasar saja.

    Melanjutkan pernyataannya yang terputus sebelumnya, Jokowi mengatakan Indoensia saat ini masih memperkuat jadi tujuan wisata halal yang telah ditetapkan nomor satu di dunia.

    [Gambas:Video CNN]

    Ma'ruf juga menyatakan pihaknya bertekad menjadikan perbankan syariah Indonesia terbesar di dunia, termasuk pula produk-produk halalnya.

    "Maka kami akan mempercepat pengembangannya dengan membentuk badan pengembangan ekonomi syariah," kata dia.

    Sementara itu, Prabowo mengatakan salah satu potensi ekonomi syariah adalah keuntungan yang sangat besar dari calon jemaah haji.

    "Selama ini terjadi sesuatu keragu-raguan tentang pengelolaan dana-dana tersebut dengan baik, kami ingin membentuk bank tabung haji di mana nanti potensi tersebut dikelola secara modern syariah, efisien, transparan, dan dana tersebut berguna untuk umat dan tidak digunakan untuk kepentingan yang lain," kata Prabowo.
  • 13 Apr 21:27

    Prabowo Klarifikasi Ucapannya soal Target Rasio Pajak

    Prabowo mengklarifikasi paparannya terkait target meningkatkan rasio pajak. Prabowo berkata target meningkatkan rasio pajak menjadi 16 persen tidak dilakukan dalam waktu setahun seperti ditafsirkan Jokowi.
    PRabowo

    "Pak Jokowi salah menangkap. Saya tidak katakan naik kembali 16 persen dalam setahun. Tapi harus ada usaha riil," kata Prabowo.

    Dia menuturkan salah satu upaya itu adalah dengan memanfaatkan teknologi informasi dan menerapkan sistem yang transparan.

    "Dan saya sangat setuju kami pun ingin lebarkan tax base. Kami tidak ingin timbulkan shock economy tapi kita juga harus berani kejar mereka yang selama ini menghindari untuk membayar yang seharusnya dibayar," kata Prabowo.

    Sementara itu Sandiaga Uno menyebut akan menggenjot rasio pajak dengan memotong pajak pekerja.

    "Kami akan kurangi tarif pajak perorangan dengan menaikkan PTKP," kata Sandi.

    Formula itu diyakini Sandi akan dirasakan langsung oleh masyarakat

    "Uang di kantong masyarakat akan lebih banyak sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari meningkatkan konsumsi dan ciptakan lapangan kerja," ujar Jokowi.
  • 13 Apr 21:19

    Beda Jokowi dan Prabowo Kerek Rasio Pajak

    Prabowo membandingkan rasio pajak era Orde Baru dan yang diterima Malaysia dan Thailand. Hal itu dipaparkan Prabowo untuk menjawab pertanyaan kebijakan yang akan diambil  untuk mendorong peningkatan tax ratio sekaligus meningkatkan penerimaan zakat dan wakaf

    Prabowo memulai dengan mengutip pernyataan KPK bahwa Indonesia seharusnya memiliki penerimaan negara Rpr4 ribu triliun, namun terjadi kebocoran Rp2.000 triliun.

    "Biasanya saya bilang seribu (triliun) tapi ternyata lebih," sindir Prabowo.

    Ia lantas membandingkan tax ratio pada era Orba yang pernah 16 persen, sementara saat ini hanya 10 persen. Selain itu Prabowo membandingkan rasio pajak Malaysia dan Thailand yang disebutnya mencapai 19 persen.

    "Berarti kita kehilangan 60 miliar dolar per tahun," kata dia yang lalu menegaskan bisa membawa kembali tax ratio jadi 16-19 persen.

    Kunci peningkatan rasio pajak adalah dengan menggunakan teknologi informasi dan transparansi seperti diterapkan negara tetangga.

    Sandiaga menambahkan pihaknya akan memisahkan badan penerimaan negara dari Kementerian Keuangan. Badan Penerimaan Negara nantinya langsung bertanggung jawab ke presiden. Tak hanya itu, Sandiaga pun menjanjikan mal sadar zakat, serta upaya jemput bola untuk potensi penerimaan zakat.

    Menanggapi Prabowo, Jokowi menyindir target tax ratio yang dijanjikan rival politik tersebut. Jokowi memaknai jika target meningkatkan tax ratio dari 10 menjadi 16 persen dalam setahun, artinya ada 750 triliun GDP yang ditarik menjadi pajak.


    Kalau ingin naikkan tax rqatio dalam satu tahun akan naikkan dari 10, jadi 16 persen. Kalau dalam setahun naik drastis artinya akan ada lima persen dari GDP kita, 15 T, 5 persen artinya 750 t ditarik jadi pajak. Akan terjadi shock economy.

    "Kalau itu dilakukan yang terjadi akan terjadi syok ekonomi," kata Jokowi.

    Menurutnya, justru trek yang benar adalah membangun secara gradual dengan cara membuat tax base sebanyak-banyaknya.

    "Dan itu sudah kita lakukan sejak kita menerapkan tax amnesty. Tax amnesty itu ada deklarasi Rp4800 triliun. Kita dapat income dari sana RFp114 triliun," ujar Jokowi.
  • 13 Apr 21:13

    Soal Pemberdayaan Perempuan: Sandi Pamer Ok Oce, Ma'ruf Bikin Dewi dan Dedi

    Pasangan Prabowo-Sandi mendapat pertanyaan soal partisipasi perempuan. Moderator bertanya bagaimana strategi dan kebijakan untuk meningkatkan partisipasi perempuan di bidang ekonomi sekaligus melindunginya dari kekerasan dan diskriminasi.

    Prabowo menyatakan partisipasi perempuan sangat penting bagi kehidupan bangsa. Dia menilai peran perempuan saat ini sudah menonjol. Dia mencontohkan kepemimpinan Megawati Soekarnoputri sebagai presiden dan peran emak-emak selama masa kampanye.

    "Jadi dengan demikian, peranan mereka yang besar pasti kebijakan-kebijakan, UU akan bener2 mencerminkan kepentingan mereka, mau tidak mau, karena mereka sangat menentukan kehidupan sosial dan politik di Indonesia," ujar Prabowo.

    Sandiaga menambahkan bahwa perempuan selama ini membutuhkan akses pendampingan, pelatihan hingga permodalan. Hal itu dikatakan Sandi sudah coba difasilitasi lewat program OK OCE yang ia gagas dan terapkan saat jadi Wakil Gubernur DKI.

    "Kami yakin gerakan OK OCE bisa berdayakan perempuan," ujar Sandi.

    Calon wakil presiden nomor 01 Ma'ruf Amin menyebut visi dirinya dan Jokowi adalah mengarusutamakan gender. 

    "Karna itu kami usahakan agar perempuan tak hanya bisa di bidang ekonomi, politik, pemerintahan," kata Ma'ruf.

    Atas hal itu, Ma'ruf mengatakan pihaknya telah memiliki program kredit UMI atau usaha mikro dan bank wakaf mikro yang ada di pesantren-pesantren.

    "Saya tahu persis nasabahnya 100 persen perempuan," ujar Ma'ruf.

    Ma'ruf menyebut program pemberdayaan itu sudah menolong ribuan ibu dan akan terus dikembangkan di desa-desa.

    Kami juga ciptakan dewi-dewi dan dedi-dedi. Dewi itu desa wisata, dedi desa digital," uyjar Ma'ruf tanpa menjelaskan lebih lanjut.

    [Gambas:Video CNN]
  • 13 Apr 21:01

    Prabowo Sebut Indonesia Perlu Contoh Keberhasilan Tiongkok

    Debat Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi soal pembangunan agraria dan maritim berlanjut. Jokowi menampik kritikl Prabowo terhadap pembangunan infrastruktur yang ia fokuskan.

    Jokowi lantas menyatakan harus dibedakan pengelolaan ekonomi mikro dan makro. Kata Jokowi, pembangunan infrastruktur adalah tahapan yang pada akhirnya bertujuan menggerakkan ekonomi rakyat.

    "Infrastruktur yang kita bangun terhubung dengan kawasan industri," katanya.

    "Perlu tahapan besar. Sudah berkali-kali saya sampaikan tahapan pertama infrastruktur, kedua pembangunan SDM, ketiga adalah reformasi struktural, dan keempat teknologi informasi. Inilah tahapan-tahapan besar yang sedang kita kerjakan," sambung Jokowi.

    Prabowo menjawab dengan menyatakan bahwa dirinya tak menyalahkan Jokowi atas kondisi ekonomi yang terjadi saat ini.

    "Ini masalah kesalahan kita sebagai bangsa dan sudah berjalan belasan bahkan puluhan tahun," kata Prabowo.

    Prabowo berujar Indonesia harus bisa mengoreksi diri sendiri dan mengakui telah salah jalan dalam membangun ekonominya. 

    "Kita harus contoh Tiongkok, 40 tahun hilangkan kemiskinan, kita harus contoh dari yang hebat," kata Prabowo.

    Di akhir paparannya Prabowo kembali mengajak semua pihak untuk kembali ke Pasal 33 Undang Undang Dasar 1945.

    "Kita ciptakan lapangan kerja, lindungi nelayan. Saya tidak salahkan bapak... Kita semua harus tanggung jawab," ujar Prabowo.
  • 13 Apr 20:57

    Debat Jokowi dan Prabowo soal Pembangunan Maritim dan Agraria

    Panelis mempertanyakan strategi dan langkah konkret paslon untuk menjaga stabilitas harga pertanian dan perikanan sehingga menarik milenial agar Indonesia semakin kuat sebagai negara maritim dan agraris.

    Menanggapi hal tersebut, Jokowi menjawab bahwa Indonesia sudah terlalu lama tergantung pada pasar luar negeri.

    Untuk menanggulangi dan menjawab kebutuhan itu, Jokowi memiliki misi melakukan hirilisasi industri.

    Ia mencontohkan soal pengalengan ikan yang diperbanyak sehingga produk perikanan bisa diekspor dengan merek dari Indonesia. Ia juga membicarakan sistem ekonomi online untuk pertanian.

    "Anak muda sudah membangun ekosistem online. Kalau disambungkan offline dari pertanian memudahkan petani berhubungan dengan konsumen lewat digital ekonomi," kata Jokowi.

    Menanggapi paparan Jokowi, Prabowo mengkritisi kebijakan capres petahana itu selama 4,5 tahun terakhir.

    "Justru di sini letak masalah di mana saya singgung ekonomi kita salah arah. Bahwa terjadi deindustrialisasi, dan terjadi tidak ada strategi yang dijalankan pemerintah. Tadi niat Pak Jokowi bagus. Tapi, Pak Jokowi sudah bekerja selama 4,5 tahun tapi kenapa izinkan impor, petani hancur..." kata Prabowo.

    Prabowo juga mempertanyakan kebijakan Jokowi mengedepankan infrastruktur. Menurutnya, kebijakan itu bisa mempermudah masuk barang dari luar.
  • 13 Apr 20:38

    Visi-Misi Jokowi: Pertumbuhan Ekonomi Harus Dibarengi Pemerataan

    Dalam pemaparannya, Jokowi mengatakan selama 4,5 tahun dirinya memimpin bersama Jusuf Kalla, pemerintah telah berupaya keras mengembalikan watak asli dari pembangunan negara Indonesia.

    "Yaitu tidak bertumpu pada pertumbuhan ekonomi tapi juga pemerataan," kata Jokowi.

    Jokowi bilang pertumbuhan tanpa pemerataan hanya akan menimbulkan ketimpangan. Oleh karena itu pula Jokowi menyatakan tidak menjadikan Jawa sebagai fokus pembangunan. Selama kepemimpinannya, Jokowi menyatakan menerapkan strategi pembangunan Indonesia sentris.

    "Kami ingin titik pertumbuhan ekonomi baru di luar Jawa. Baik berupa kawasan industri kecil, kawasan ekonomi khusus, kawasan ekonomi khusus pariwisata...," kata Jokowi.

    Live Report: Debat Capres Kelima Pilpres 2019Jokowi memerkan kartu sakti saat debat capres di Hotel Sultan, Sabtu (13/3). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
    Selain itu Jokowi menekankan pentingnya kemandirian ekonomi yang sampai saat ini ia terus perjuangkan. Jokowi membanggakan pengelolaan Blok Mahakam, Blok Rokan, dan Freeport yang kini dikuasai oleh pemerintah setelah sekian lama dikelola asing.

    Terakhir, di bidang kesejahteraan sosial, Jokowi kembali mempromosikan tiga kartu saktinya yakni Kartu Indonesia Pintar, Kartu Pra Kerja dan Kartu Sembako Murah.
  • 13 Apr 20:36

    Prabowo Bacakan Visi-Misi: Indonesia Alami Deindustrialisasi

    Dalam visi misinya, Prabowo dengan tegas menyatakan ekonomi Indonesia berjalan ke arah yang salah. Itu ditandai dengan mengalirnya kekayaan nasional ke luar negeri. Dia pun menyatakan bangsa Indonesia saat ini mengalami deindustrialisasi alias tidak bisa memproduksi apa-apa, dan hanya bisa menerima produk dari bangsa lain.

    "Telah terjadi deindustrialisasi. Kalau negara yang lain industrialisasi, kita deindustrialisasi," kata Prabowo.

    Live Report: Debat Capres Kelima Pilpres 2019Prabowo dan Sandiaga Uno saat debat kelima di Hotel Sultan, Sabtu (13/4). (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
    Sandiaga menambahkan bahwa pertumbuhan ekonomi lima persen yang dibanggakan pemerintahan saat ini sebetulnya adalah jebakan.

    "Pertumbuhan [ekonomi] 5 persen kita sebut sebagai jebakan 5 persen ini dikeluhkan ibu Nurjanah dari Langkat, Sumatera Utara. Ibu Nurjanah menceritakan sepi sekarang pembeli yang datang ke pasar tradisional," kata Sandiaga.
  • 13 Apr 20:23

    Moderator Perkenalkan Komite Damai dan Aturan Debat

    Moderator memperkenalkan Anggota Komite Damai dalam Debat kelima Pilpres 2019. Komite Damai adalah mereka yang bertugas ketika keributan terjadi saat debat berlangsung.

    Anggota Komite Damai adalah Komisioner KPU Wahyu Setiawan, anggota Bawaslu Afifuddin, perwakilan TKN Jokowi-Ma'ruf, Rizal Mallarangeng dan Arya Bima, serta perwakilan BPN Prabowo-Sandi, Putra Jaya Husin dan Imelda Sari.

    Setelah itu aturan debat dibacakan. Aturan debat terakhir tidak berbeda jauh dengan aturan debat sebelumnya. Aturan itu antara lain larangan bagi setiap kandidat untuk memotong pembicaraan kandidat lain.

    Live Report: Debat Capres Kelima Pilpres 2019Moderator Balques Manisang dan Tomy Ristanto. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
    Dan untuk para pendukung dilarang memprovokasi kandidat yang berdebat maupun pendukung kandidat lain.

    Bagi Anda yang tidak berada di depan televisi saat debat, bisa menyaksikannya lewat Live Streaming di sini.

    Selain live streaming, CNNIndonesia.com, anda juga bisa menikmati jalannya debat dengan melihat Cek Fakta yang dilakukan tim CNNIndonesia.com.
  • 13 Apr 20:09

    Indonesia Raya dan Doa Bersama Buka Debat Kelima

    Rangkaian Debat Kelima Pilpres 2019 dimulai tepat pukul 20.00 WIB, dua paslon yakni Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandi mulai dipanggil ke atas panggung oleh moderator debat Tomy Ristanto serta Balques Manisang.

    Setelah dua paslon berada di atas panggung, Balques meminta semua hadirin berdiri karena lagu kebangsaan Indonesia Raya dikumandangkan.

    Masing-masing pasangan calon menyempatkan diri saling berjabat tangan. Jokowi-Ma'ruf berada di sisi kanan panggung dan Prabowo-Sandi di sisi kiri panggung.

    Setelah keduanya berada di tempat masing-masing, moderator memanggil sejumlah pemuka agama untuk melakukan doa bersama. 

    Ada tujuh pemuka agama yang memandu doa bersama. Doa bersama dipimpin oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, Nasaruddin Umar. Doa dilakukan dengan cara Islam.

    [Gambas:Video CNN]
  • 13 Apr 20:02

    Selawat Badar Sambut Kedatangan Jokowi di Lokasi Debat

    Calon presiden Jokowi tiba di lokasi debat sekitar pukul 19.45 WIB. Jokowi tiba hampir berbarengan dengan wakilnya, Ma'ruf Amin. 

    Jokowi yang didampingi istri, Iriana Joko Widodo sempat menjawab pertanyaan sejumlah wartawan soal kesiapan menjelang debat. Dia mengaku sudah mempersiapkan diri menghadapi debat, termasuk membagi tugas dengan Ma'ruf di panggung debat nanti.
    Live Report: Debat Capres Kelima Pilpres 2019Calon presiden Joko Widodo bersama istrinya, Iriana Jokowi tiba di lokasi debat, Hotel Sultan, Sabtu (13/4), (CNN Indonesia/Hesti Rika)
    Setelah itu Jokowi memasuki Hotel Sultan. Di depan pintu lobi sejumlah orang yang berbaris terdengar melantunkan selawat badar menyambut kedatangan Jokowi dan Iriana.

    Bagi Anda yang tidak berada di depan televisi saat debat, bisa menyaksikannya lewat Live Streaming di sini.

    Selain live streaming, CNNIndonesia.com, anda juga bisa menikmati jalannya debat dengan melihat Cek Fakta yang dilakukan tim CNNIndonesia.com.
  • 13 Apr 19:57

    Jokowi-Ma'ruf Kompak Pakai Koko Putih

    Calon presiden dan wakil presiden Jokowi-Ma'ruf Amin mengenakan baju koko putih dibalut peci hitam saat debat terakhir Pilpres 2019 malam ini. Bedanya, koko putih Jokowi dipadankan dengan celana panjang hitam sementara koko putih Ma'ruf dipadankan dengan sarung. 

    Di sisi lain, calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno kompak mengenakan jas formal dengan peci hitam.
  • 13 Apr 19:45

    Adu Jitu Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi di Menit Akhir

    Debat kelima malam ini bisa dikatakan momen terakhir paslon 01 dan 02 mencoba meyakinkan pemilih secara terbuka. Pasalnya, besok sudah mulai hari tenang sebelum hari pemungutan suara pada 17 April 2019.

    Perlu terobosan dan kejutan dari dua kubu agar bisa merebut suara dari pemilih labil atau yang belum menentukan. Selain itu, mereka pun harus bisa mengubah pendirian pemilih yang sudah yakin dengan pilihannya serta golput.

    Sebelum beradu gagasan malam ini, Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandi sama-sama menjalani kampanye terakhir.

    Paslon 01 Jokowi-Ma'ruf melakukan kampanye terbuka memutihkan Gelora Bung Karno, Jakarta pada siang tadi. Sementara itu, di kubu 02 hanya Cawapres Sandiaga Uno saja yang berkampanye di Tangerang. Sementara itu, capres nomor urut 02 Prabowo Subianto tak memiliki agenda publik sebelum debat pada malam ini.
  • 13 Apr 19:39

    Prabowo-Sandi Lebih Dulu Paparkan Visi-Misi

    Pada pengundian untuk giliran berbicara dalam segmen debat nanti, Prabowo-Sandi mendapatkan waktu pemaparan visi misi lebih dulu sementara itu Jokowi-Ma'ruf mendapat kesempatan selanjutnya.
  • 13 Apr 19:37

    Jokowi: Saya Jawab Semuanya

    Calon presiden Joko Widodo (Jokowi) berada di Hotel Fairmont, sesaat sebelum pergi ke lokasi debat di Hotel Sultan. Dia mengenakan busana koko putih dan peci hitam diiringi istrinya, Iriana, yang memadukan busana putihnya dengan syal berwarna merah.

    "Urusan ekonomi (fokus perhatiannya), karena materinya ekonomi," kata Jokowi.

    "Nanti saya jawab... Saya jawab semuanya, apa yang tidak kita jawab [di dalam debat],"sambung capres petahana itu menjawab pertanyaan lainnya dari wartawan.

    Bagi Anda yang tidak berada di depan televisi saat debat, bisa menyaksikannya lewat Live Streaming di sini.

    Selain live streaming, CNNIndonesia.com, anda juga bisa menikmati jalannya debat dengan melihat Cek Fakta yang dilakukan tim CNNIndonesia.com.
  • 13 Apr 19:35

    Ma'ruf Pelajari Kemungkinan Pertanyaan dari Panelis dan Prabowo-Sandi

    Calon wakil presiden nomor urut 01 Ma'ruf Amin sesaat sebelum menuju Hotel Sultan menyempatkan diri menjawab sedikit pertanyaan dari wartawan di Hotel Fairmont.

    "Kalau di dalam debat kan tergantung pertanyaan... Kita lihat nanti saja kalau kejutan," kata Ma'ruf yang mengenakan pakaian khas baju koko putih, sarung, dan peci hitam.

    Ma'ruf bilang telah mempelajari segala kemungkinan pertanyaan, kemungkinan dari panelis, dan kemungkinan dari paslon yang lain.
  • 13 Apr 19:30

    Sandiaga Uno dan Istri Tiba di Hotel Sultan

    Calon wakil presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno tiba lebih dulu di lokasi debat di Hotel Sultan, Jakarta. Sandi menyapa wartawan seraya menggandeng istrinya, Nur Asia Uno, lalu masuk ke Hotel Sultan diiringi istri dan rombongannya.

    Sandi tak banyak berbicara kepada wartawan di luar Hotel Sultan.

    Live Report: Debat Capres Kelima Pilpres 2019Calon presiden Prabowo Subianto saat tiba di Hotel Sultan, Jakarta, jelang debat kelima, Sabtu (13/4). (CNN Indonesia/Hesti Rika)

    Dia hanya menyatakan persiapan debat berjalan lancar. 

    "Everything is OK and smooth," kata Sandi.

    Dalam kesempatan itu, Sandi juga menyampaikan permintaan maaf dan terima kasih kepada awak media yang telah mendampingi kampanye selama delapan bulan terakhir.

    "Terima kasih, dan saya juga mengucapkan permohonan maaf kepada awak media," kata Sandi.
  • 13 Apr 19:29

    Panelis Debat Terakhir

    Pada debat kelima ini, ada 10 panelis yang merumuskan pertanyaan untuk segmen dua dan tiga. Mereka adalah:

    1. Rektor Universitas Airlangga, Prof. Muhammad Nasih
    2. Guru Besar FEB Universitas Tanjungpura, Prof. Eddy Suratman
    3. Dosen FEB UIN Syarif Hidayatullah, Dr. Muhammad Arief Mufraini
    4. Dekan FEB Universitas Diponegoro, Dr.Suhartono
    5. Dekan FEB Universitas Sam Ratulangi, Dr.Herman Karamoy
    6. Dekan FEB Universitas Udayana, Dr. I Nyoman Mahaendra Yasa, SE., M.Si
    7. Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Andalas, Dr. Harif Amali Riva'i
    8. Guru Besar ITB, Prof. Dr. Ir. Dermawan Wibisono
    9. Dosen Community Development Unika Soegijapranata Semarang, Tukiman Taruno Sayoga Ph.D
    10. Direktur Eksekutif Indonesia Global Justice (IGJ) Rahmi Hertanti‎.
  • 13 Apr 19:26

    Format Debat Terakhir

    Komisi Pemilihan Umum (KPU) mempertahankan baik format dan durasi debat seperti empat debat sebelumnya, yaitu enam segmen dengan waktu debat berkisar 90-94 menit.

    Berikut adalah rancangan debat di tiap segmen:

    - Segmen 1: Penyampaian visi-misi
    - Segmen 2 dan 3: Pendalaman visi-misi lewat pertanyaan tim panelis
    - Segmen 4 dan 5: Debat terbuka
    - Segmen 6: Pernyataan penutup

    Moderator debat yang akan memandu jalannya debat adalah jurnalis senior dari Net TV Tomy Ristanto dan jurnalis TV One Balques Manisang.

    Live Report: Debat Capres Kelima Pilpres 2019Moderator debat terakhir Balques Manisang. (Foto: Screenshot via Instagram/@balques_manisang)
  • 13 Apr 19:22

    Selamat Malam Pembaca CNNIndonesia.com

    Selamat malam pembaca CNNIndonesia.com. Debat terakhir pemilihan presiden (Pilpres) 2019 segera digelar. Debat diselenggarakan di Hotel Sultan, Jakarta, Sabtu (13/4) mulai pukul 20.00 WIB.

    Debat kelima ini menghadirkan dua paslon kontestan Pilpres 2019: Paslon nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan Paslon nomor urut 02 Prabowo Subianto.

    Debat akan mengangkat topik ekonomi dan kesejahteraan sosial, keuangan dan investasi, serta perdagangan dan industri.

    Bagi Anda yang tidak berada di depan televisi saat debat, bisa menyaksikannya lewat Live Streaming di sini.

    Selain live streaming, CNNIndonesia.com, anda juga bisa menikmati jalannya debat dengan melihat Cek Fakta yang dilakukan tim CNNIndonesia.com.

Related Articles