Warga Kabupaten Bandung Naik Perahu Demi Beri Hak Suara

CNN Indonesia | Rabu, 17/04/2019 22:56 WIB
Warga Kabupaten Bandung Naik Perahu Demi Beri Hak Suara Ilustrasi pemilihan umum. (CNN Indonesia/Safir Makki).
Bandung, CNN Indonesia -- Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Jawa Barat Rifqy Ali Mubarok mengungkapkan proses pencoblosan di beberapa wilayah rawan banjir di Kabupaten Bandung berjalan lancar. Menurut dia, banjir tidak mengurangi tingkat partisipasi masyarakat untuk mencoblos.

"Tadi saya sudah datang dengan Forkopimda (Forum Koordinasi Pimpinan Daerah), ada dua TPS (Tempat Pemungutan Suara) sudah bergeser ke tempat aman," kata Rifqy di Bandung, Rabu (17/4).

Menurut Rifqy, ada sebagian warga yang terpaksa menggunakan perahu menuju TPS untuk menggunakan hak pilih.


"Karena berpindah, jarak pemilih dari pemukiman ke TPS itu jauh. Maka kemudian kita harus menyediakan transportasi, kita berkoordinasi dengan BPBD, TNI, Polri dan SAR untuk menyiapkan perahu karet dan sebagainya, akhirnya tadi antar jemput," ujarnya.


Ia mengatakan sebanyak 210 TPS di Kabupaten Bandung juga telah direlokasi ke tempat lain karena banjir belum surut. Namun kesigapan petugas dan panitia penyelenggara, kata dia, membuat para pemilih dapat menggunakan hak suara di pemilu kali ini.

"Tadi angka partisipasinya cukup besar, walaupun harus menggunakan perahu karet. Rata-rata hampir 200 orang per TPS yang memilih," kata Rifqy.

[Gambas:Video CNN] (hyg/lav)