Khofifah Absen di Sidang Suap Kemenag karena Nikahkan Anak

CNN Indonesia | Rabu, 26/06/2019 15:10 WIB
Khofifah Absen di Sidang Suap Kemenag karena Nikahkan Anak Khofifah Indar Parawansa kembali tak menghadiri sidang suap jual beli jabatan Kemenag di PN Tipikor, Rabu (26/6).CNN Indonesia/Feri Agus Setyawan
Jakarta, CNN Indonesia -- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengaku tak bisa menghadiri panggilan jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sebagai saksi dalam persidangan kasus suap pengisian jabatan Kementerian Agama (Kemenag) RI, Rabu (26/6). Khofifah absen bersaksi Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) karena tengah mempersiapkan pesta pernikahan anaknya.

Khiofifah meminta sidang menjadwalkan ulang pemanggilan dirinya sebagai saksi.

"Saya masih pada prosesi rangkaian pernikahan anak saya. Jadi saya minta diundur pada Rabu depan," kata Khofifah, saat ditemui di Gedung Negara Grahadi, Rabu (26/6).


Khofifah juga mengaku ketidakhadiran dirinya telah disertai permintaan resmi kepada jaksa KPK. Ia meminta agar dipanggil dalam agenda sidang selanjutnya pada Rabu, pekan depan.

"Ada (surat panggilannya) sebagai saksi kan setiap rabu, saya minta dipanggil Rabu depan," kata Khofifah.


Senada, Kepala Biro Humas dan Protokol Pemprov Jatim, Aries Agung Paewai sesuai jadwalnya hari ini Khofifah tak bertolak ke Jakarta. Ia dijadwalkan meluncurkan logo dan maskot Porprov Jatim 2019 di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

"Beliau ada di Surabaya," kata Aries, saat dihubungi CNNIndonesia.com.

Ketika ditanya apakah Khofifah memiliki jadwal keberangkatan menuju Jakarta pada hari ini, Aries menyebut rencana itu tak ada di daftar agenda mantan Menteri Sosial RI tersebut.

"Sepertinya tidak ada (rencana ke Jakarta)," kata Aries.


Khofifah dijadwalkan memberikan kesaksian di Pengadilan Tipikor, untuk terdakwa mantan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jatim Haris Hasanudin dan Kakanwil Kemenag Gresik Muafaq Wirahadi.

Ini kedua kalinya Khofifah tak memenuhi panggilan jaksa KPK. Pada agenda sidang sebelumnya, Khofifah tak bisa hadir lantaran sedang mengerjakan tugasnya sebagai pejabat negara. Khofifah disebut harus mengikuti kegiatan Pemprov Jatim yang tak bisa ditinggalkan.

Sementara itu, saat ini, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang juga dijadwalkan bersaksi dalam kasus tersebut, nampak telah tiba di lokasi sekitar pukul 09.55 WIB. Saat dihampiri awak media, Lukman bungkam. Tak sepatah kata pun keluar dari mulut politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu.


(frd/ain)