PAN: Nasihat Amien Rais Didengar Seluruh Kader

CNN Indonesia | Selasa, 16/07/2019 08:56 WIB
PAN: Nasihat Amien Rais Didengar Seluruh Kader Amien Rais meminta PAN berada di luar pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Sekretaris Jenderal Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Daulay memastikan bahwa nasihat Ketua Dewan Kehormatan Amien Rais akan menjadi referensi utama kader partai berlambang matahari itu dalam menentukan langkah politik di lima tahun mendatang.

"Pak Amien kan sudah memberi nasihat. Tentu itu akan menjadi referensi utama dalam menentukan langkah politik ke depan," kata Saleh kepada CNNIndonesia.com, Senin (15/7).

Saleh juga mengklaim nasihat Amien Rais masih sangat didengar oleh para kader di seluruh Indonesia. Saleh meyakini nasihat Amien menyikapi pertemuan Prabowo Subianto dan Joko Widodo usai pilpres 2019 disampaikan secara objektif dan melalui pertimbangan dari berbagai aspek yang ada.


"Nasihat Pak Amien sangat didengar oleh seluruh kader," kata Saleh yang juga Wakil Ketua Komisi IX DPR itu.


Lebih lanjut, Saleh tak memungkiri bahwa PAN perlu melakukan diskusi terkait sikap untuk bergabung ke koalisi atau menjadi oposisi di pemerintahan Jokowi-Ma'ruf Amin periode 2019-20124

Saleh memastikan hal itu akan diputuskan secara resmi melalui mekanisme rapat kerja nasional (rakernas) PAN.

"Kalau ada perbedaan di sana-sini itu biasa. Namun setelah diputuskan bersama, Insya Allah semua akan melaksanakan keputusan yang dirumuskan di rakernas," kata Saleh.

Sebelumnya, Amien Rais mengaku setuju 1.000 persen soal pertemuan antara Prabowo dan Jokowi pada Sabtu (13/7) lalu. Amien setuju asal pertemuan itu sama sekali tidak membahas soal bagi-bagi kursi.


Dalam kesempatan itu, Amien juga sempat menyinggung soal elite yang menurutnya kege-eran dan menimbulkan aib lantaran meminta jatah kursi ke Jokowi setelah dalam Pilpres justru tak mendukung Jokowi.

"Yang lucu enggak ditawarin pak Jokowi tapi ada yang minta-minta, itu kan aib. Jadi ge-er," kata Amien.

Amien juga berkeras tak mau partai yang dia dirikan, PAN akan bergabung dalam pemerintahan Jokowi di lima tahun mendatang. Amin bersikeras partainya harus ada dalam gerbong oposisi.

"Jangan sampai bergabung," kata Amien.

Di sisi lain, Sekretaris Jenderal PAN, Eddy Soeparno menyebut kemungkinan rakernas akan digelar akhir bulan Juli atau paling lambat awal Agustus. Hasil rakernas untuk menentukan sikap menjadi oposisi ataupun gabung di koalisi pun akan disampaikan langsung oleh Ketua Umum PAN, Zulkifli Hasan.

[Gambas:Video CNN] (ayu/DAL)