Atiqah Ungkap Alasan Ratna Tak Ajukan Banding: Ibu Lelah

CNN Indonesia | Selasa, 16/07/2019 22:47 WIB
Atiqah Ungkap Alasan Ratna Tak Ajukan Banding: Ibu Lelah Terpidana kasus penyebaran hoaks Ratna Sarumpaet disebut telah lelah mengikuti persidangan kasusnya. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Atiqah Hasiholan mengungkap ibunya, Ratna Sarumpaet, sudah lelah menjalani persidangan kasus penyebaran berita bohong atau hoaks. Karena hal itulah Ratna disebut memutuskan tidak mengajukan banding atas vonis hakim.

"Dia (Ratna) sih bilang sudah capek (lelah) aja gue, gue pengen fokus menyelesaikan buku di sisa-sisa terakhir ini, di beberapa bulan terakhir," kata anak Atiqah di Mapolda Metro Jaya, Selasa (16/7).

Ratna sebelumnya divonis dua tahun. Hakim mengatakan Ratna memenuhi unsur menyebarkan hoaks yang mengakibatkan keonaran seperti diatur dalam Pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Hukum Pidana.


Atiqah mengatakan selain fokus menyelesaikan buku, ibunya juga merasa tidak memerlukan banding. Alasannya, ibunya karena telah cukup lama mendekam di rutan.

Dengan vonis dua tahun dikurangi masa tahanan, Atiqah mengatakan ibunya tidak perlu menjalani masa tahanan yang panjang.

"Tapi pertimbangannya dengan dua tahun dan remisi-remisi enggak berapa lama lagi keluar," ucap Atiqah.

Kedatangan Atiqah ke Polda Metro untuk merayakan ulang tahun Ratna ke-70 tahun yang jatuh pada hari ini. Atiqah datang bersama sejumlah orang sambil membawakan tumpeng.

"Ini tumpengan biasa, kan, buat yang Pak Polisi. Pak polisi juga gitu, biasa aja tumpengan untuk ramai-ramai, buat yang di dalam," tuturnya.
 
Atiqah Ungkap Alasan Ratna Tak Ajukan Banding: Ibu LelahPutri Ratna Sarumpaet, Atiqah Hasiholan. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Pada hari ulang tahun Ratna kali ini, Atiqah berharap ibunya selalu mendapat kesehatan dan bisa menyelesaikan buku yang tengah dibuatnya.

"(Buku Ratna) sudah siap tinggal sempurnakan aja," kata Atiqah.

Kuasa hukum Ratna, Desmihardi sebelumnya menyampaikan bahwa kliennya memutuskan untuk tidak mengajukan banding atas vonis hakim. Alasan Ratna tak mengajukan banding salah satunya adalah soal alasan masa hukuman.

Desmihardi menjelaskan vonis hakim adalah hukuman penjara selama dua tahun dikurangi masa tahanan. Saat ini, kata dia, kliennya telah menjalani masa tahanan selama sembilan bulan.

"Ibu (Ratna) sendiri sudah menjalankan sampai saat ini sudah sampai hampir sembilan bulan, jadi kalau ibu menjalani, mungkin tinggal setahun lagi, itu pertimbangan yang utama," tuturnya.

Hakim menjatuhkan vonis dua tahun penjara terhadap Ratna Sarumpaet. Dia dinyatakan memenuhi unsur menyebarkan hoaks yang mengakibatkan keonaran seperti diatur dalam Pasal 14 ayat (1) Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1946 tentang Hukum Pidana.

Vonis itu lebih ringan dari tuntutan. Jaksa Penuntut Umum (JPU) sebelumnya menuntut Ratna pidana bui enam tahun. Jaksa menilai Ratna tidak memenuhi unsur Pasal 44 KUHP terkait penyakit kejiwaannya. Bahkan, permintaan maaf Ratna dinilai tidak dapat menghapus tindakan pidana.

[Gambas:Video CNN]
(dis/wis)