NasDem Sebut Surya Paloh Bakal Temui Prabowo

CNN Indonesia | Sabtu, 12/10/2019 16:54 WIB
NasDem Sebut Surya Paloh Bakal Temui Prabowo Ketua Umum Partai NasDem, Surya Paloh. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh disebut bakal menemui Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dalam waktu dekat.

Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai NasDem Irma Suryani Chaniago mengatakan pertemuan tersebut dilakukan atas dasar persahabatan antara Surya dan Prabowo.

"Ada (pertemuan Surya dan Prabowo) dalam waktu dekat akan kita lakukan, karena pada dasarnya Surya dan Prabowo bersahabat," kata Irma dalam sebuah diskusi di salah satu kafe di kawasan Menteng, Jakarta Pusat pada Sabtu (12/10).



Namun, Irma tidak memberikan informasi secara pasti terkait waktu pertemuan antara Surya dan Prabowo tersebut akan berlangsung.

Dia hanya menerangkan bahwa pertemuan itu dilakukan karena NasDem mengedepankan situasi yang kondusif daripada kepentingan partai politik sendiri.

Menurut dia, pertemuan antara Surya dan Prabowo ini dapat membantu mewujudkan situasi yang aman dan nyaman bagi pemerintahan Joko Widodo-Ma'ruf Amin mendatang dalam melaksanakan pekerjaannya.


"Sehingga semua pekerjaan pemerintah bisa berjalan dengan baik," kata Irma.

Dia menambahkan, salah satu topik yang akan dibahas dalam pertemuan Surya dan Prabowo ialah terkait cara membangun Indonesia ke depan.

Gerindra santer dikabarkan akan bergabung dalam koalisi partai politik pendukung Jokowi-Ma'ruf dengan mendapatkan kursi Menteri Pertanian.
NasDem Sebut Surya Paloh Bakal Temui PrabowoPresiden Joko Widodo bersama Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto berfoto bersama wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Jumat (11/10) dok. Istimewa

Prabowo sendiri dalam pertemuan dengan Jokowi pada Jumat (11/10) mengungkapkan bahwa partainya bakal menjadi penyeimbang jika tidak masuk dalam kabinet Jokowi-Ma'ruf.

Menurut dia, Indonesia mengenal istilah, hanya penyeimbang.

[Gambas:Video CNN]

"Kalau umpamanya kita tidak masuk kabinet, kami tetap akan loyal di luar sebagai check and balance, sebagai penyeimbang. Kan kita di Indonesia enggak ada oposisi. Tetap kita merah putih di atas segala hal, kita akan berperan," ucap Prabowo usai bertemu Jokowi di Istana Kepresidenan, Jakarta, Jumat (11/10).

Pada prinsipnya, Prabowo mendukung gagasan Jokowi untuk menjalankan pemerintahan selanjutnya. (mts/dea)