DPR Segera Proses Idham Azis, Kapolri Pilihan Jokowi

CNN Indonesia | Kamis, 24/10/2019 22:17 WIB
DPR Segera Proses Idham Azis, Kapolri Pilihan Jokowi Kabareskrim Polri Komjen Idham Azis ditunjuk Presiden Jokowi sebagai calon Kapolri pengganti jenderal Tito Karnavian. (CNN Indonesia/Hesti Rika).
Jakarta, CNN Indonesia -- Presiden Joko Widodo telah menyerahkan Komisaris Jenderal Idham Azis kepada DPR sebagai Kepala Polri. Idham diplot menggantikan Jenderal Tito Karnavian yang diangkat menjadi Menteri Dalam Negeri.

Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pihaknya akan segera memproses nama Idham dengan menggelar uji kelayakan dan kepatutan di Komisi III DPR, sebagaimana aturan dan ketentuan yang berlaku. Sebab DPR tak melihat unsur cacat hukum dalam pengajuan Kepala Bareskrim Polri tersebut.

"Saya enggak melihat cacat hukum yang ada. Yang penting ini harus sesuai dengan aturan yang berlaku tentang pengusulan dan fit and proper test harus dilakukan dengan benar," kata Dasco kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (24/10).


Terpisah, Wakil Ketua DPR Aziz Syamsudin menyatakan bahwa Idham memenuhi syarat untuk menjabat sebagai Kapolri menggantikan Tito. Dia menyatakan, Polri akan menjadi lebih baik di bawah kepemimpinan Idham sebagai Kapolri.

"(Idham) beliau kompeten dalam mengemban jabatan tersebut," kata Aziz.


Politikus Partai Golkar itu menambahkan, Komisi III DPR akan segera menindaklanjuti surat Presiden Jokowi terkait penunjukan Idham sebagai calon Kapolri.

[Gambas:Video CNN]

Menurutnya, proses uji kelayakan dan kepatutan akan diselenggarakan setelah Komisi III rampung terbentuk.

"Setelah Komisi III DPR dibentuk, maka akan segera dilakukan proses uji kelayakan dan kepatutan terhadap Komjen Idham Aziz," katanya.


Diketahui Presiden Jokowi menunjuk Komjem Idham Azis untuk menjadi Kapolri mengganti Jenderal Tito Karnavian. Nama Idham sudah diserahkan Jokowi ke DPR, Rabu (23/10) kemarin.

Idham diplot menggantikan Tito yang diangkat Jokowi menjadi Mendagri. Saat ini Idham masih menjabat Kepala Bareskrim Polri dan pernah memangku jabatan Kepala Polda Metro Jaya. (mts/osc)