Jokowi Soal Duduk Menyilang: Saya Enggak Pernah Yoga

CNN Indonesia | Jumat, 25/10/2019 04:45 WIB
Jokowi Soal Duduk Menyilang: Saya Enggak Pernah Yoga Gaya duduk silang kaki Jokowi saat perkenalan menteri baru yang viral diakuinya bukan hasil dari yoga, seperti yang diduga banyak netizen. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)
Jakarta, CNN Indonesia -- Cara duduk menyilang Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat tengah memperkenalkan menteri-menteri Kabinet Indonesia Maju menjadi perhatian netizen.

Jokowi duduk di tangga pelataran Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10) dengan cara yang tak biasa. Ia duduk dengan kaki menyilang yang berbeda dari pada umumnya.

Tak cuma silang kaki, tapi kedua kakinya yang menyilang itu juga menapak sempurna di lantai tangga istana. Selain itu, posisinya juga mempertemukan ujung jari kedua kakinya.


Orang-orang yang bisa duduk seperti itu dinilai netizen karena kerap melakukan yoga. Namun, saat dikonfirmasi, Jokowi tak pernah melakukan yoga. Menurutnya, duduk dengan posisi tersebut juga merupakan hal yang biasa saja.


"Eggak pernah yoga. Itu lebih dari 40 menit lho. Biasa saja. Ya itu biasa saja kan," ujar Jokowi kepada wartawan di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (24/10).

Jokowi lantas menjelaskan alasan dirinya memperkenalkan para menterinya sembari duduk di tangga Istana Merdeka. Menurutnya, cara tersebut memiliki filosofi tersendiri, yakni rendah hati dan rakyat.

Jokowi Soal Duduk Menyilang: Saya Enggak Pernah YogaJokowi duduk di tangga pelataran Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (23/10) dengan cara yang tak biasa. (ANTARA FOTO/Wahyu Putro A)


Meskipun demikian, kata Jokowi, para menteri tersebut juga tetap harus bekerja keras. Mengingat, pengumuman para menteri tersebut dilakukan saat matahari sedang bersinar terik.

"Karena diumumkan dalam kondisi yang panas luar biasa. Bisa aja dikenalkan di dalam ruangan yang ber-AC sejuk, tapi memang kita ingin keterbukaan. Sehingga di tempat terbuka," ujarnya.

Posisi duduk bersilang ala Jokowi ini viral di media sosial. Gaya duduk bersila yang tak biasa itu bahkan dijadikan tantangan atau challenge untuk diikuti.


Gaya duduk tersebut membuat netizen bertanya-tanya bagaimana cara Jokowi melakukannya karena terbilang sulit dilakukan. Hanya-orang yang sudah biasa dan memiliki badan lentur yang bisa melakukannya.

Dokter kesehatan olahraga Michael Triangto, SpKO mengungkapkan bahwa kondisi Jokowi ini kemungkinan disebut sebagai hyperlaxity.

"Hyperlaxity adalah kondisi di mana seseorang punya elastisitas atau kelenturan tubuh yang tinggi. Ini seperti urat dan otot yang kendor," kata Michael kepada CNNIndonesia.com, Kamis (24/10).

Hyperlaxity bisa diibaratkan sebagai kelenturan tubuh yang lebih tinggi dibanding elastisitas. Dengan kata lain, orang yang hyperlaxity punya fleksibilitas yang lebih tinggi daripada orang yang bertubuh fleksibel.

Hanya saja, kata Michael, orang yang hyperlaxity seperti Jokowi ini bukan disebabkan karena latihan atau olahraga.

"Ini bukan hasil latihan (olahraga). Mau latihan sampai kapanpun juga enggak mungkin mengubah flexibility ke hyperlaxity," tuturnya. (fra/end)