316 Gereja di Jakarta Masuk Skala Prioritas Pengamanan

CNN Indonesia | Selasa, 24/12/2019 18:47 WIB
Polda Metro Jaya menetapkan 316 gereja di Jakarta masuk skala prioritas dari 1.558 gereja yang diamankan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020. Pengamanan Natal di Gereja Katedral. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia -- Polda Metro Jaya meningkatkan keamanan ratusan gereja di Jakarta jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2020.

Sebanyak 316 gereja masuk skala prioritas dari 1.558 gereja yang diamankan. Angka tersebut meningkat dari sebelumnya 57 gereja yang jadi prioritas.

"[Peningkatan] karena ada empat gereja besar. Alasan kedua, ada gereja yang sebelahnya ada rumah ibadah lain, misalnya masjid," tutur Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus di RS Polri Kramat Jati, Jakarta Timur pada Selasa (24/12).

Setidaknya 10 ribu personel gabungan diterjunkan Polda Metro Jaya untuk pengamanan Natal dan Tahun Baru 2020 di Jakarta. Juga disiapkan 95 pos pengamanan dan 27 pos pelayanan masyarakat.

Yusri menambahkan Polda Metro Jaya sudah berkoordinasi dengan anggota keamanan gereja dan organisasi masyarakat lain dalam pengamanan perayaan natal.


Menengok salah satu gereja di Jakarta, sekitar 430 personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri, internal Katedral, serta Banser dari GP Ansor diturunkan untuk membantu pengamanan di Gereja Katedral Jakarta per hari ini.
[Gambas:Video CNN]
Humas Katedral dan Keuskupan Agung Susyana Suwadie mengatakan internal Gereja Katedral memiliki 100 personel keamanan dari security dan swadaya masyarakat.

"Untuk area luar didukung oleh aparat TNI dan Polri. Yang saya dengar menurunkan kurang lebih 300 personel dan GP Ansor yang biasa turut membantu mengirimkan 30 personel," kata dia, Selasa (24/12).
(fey/gil)