Kivlan Berseragam Purnawirawan di Sidang: Ini karena Wiranto

CNN Indonesia | Rabu, 22/01/2020 11:55 WIB
Kivlan Berseragam Purnawirawan di Sidang: Ini karena Wiranto Kivlan Zen menjalani sidang lanjutan dengan agenda pembacaan eksepsi terdakwa dan penasihat hukum di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (22/1). (CNN Indonesia/ Ryan Hadi Suhendra)
Jakarta, CNN Indonesia -- Terdakwa kasus kepemilikan senjata api ilegal, Kivlan Zen menghadapi sidang lanjutan dengan agenda pembacaan eksepsi atau nota keberatan atas dakwaan yang ditujukan kepadanya.

Berbeda dengan sidang-sidang sebelumnya, hari ini Kivlan tampak mengenakan pakaian serba hijau dengan baret seperti prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Kepada awak media, Kivlan menjelaskan pakaian yang dikenakannya adalah seragam purnawirawan. Ada pun nametag di seragam itu bertuliskan Kivlan Zen. Terdapat lencana bintang dua di bahu kiri dan kanannya sebagai purnawirawan TNI AD.


Ia menjelaskan maksud mengenakan seragam tersebut pada sidang hari ini adalah untuk melawan pihak yang telah merekayasa kasus yang menjeratnya.
"Saya memakai ini karena saya direkayasa oleh Wiranto, Luhut, Tito, oleh semua pejabat negara merekayasa," ujarnya di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Rabu (22/1).

Kivlan menambahkan, kondisinya saat ini belum dalam keadaan sehat. Kendati begitu ia tetap ingin proses sidang berjalan. "Belum sehat tetapi karena kehormatan dan harga diri saya sehat," pungkasnya.

Sebelumnya, mantan Kepala Staf Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) itu sering kali batuk sehingga membuatnya kesulitan untuk berbicara.

[Gambas:Video CNN]

Kivlan didakwa atas kepemilikan empat senjata api dan 117 peluru tajam. Ia juga disebut menerima aliran dana dari Habil Marati yang merupakan tersangka dalam kasus perencanaan pembunuhan terhadap empat tokoh nasional.

Hakim pada persidangan Desember lalu juga sudah menetapkan status Kivlan sebagai tahanan rumah sejak 12 Desember 2019. Hal ini mempertimbangkan alasan kesehatan Kivlan (ryn/ain)


BACA JUGA