DPRD Kebut Pemilihan Wagub DKI pada Awal Februari

CNN Indonesia | Kamis, 23/01/2020 01:32 WIB
DPRD Kebut Pemilihan Wagub DKI pada Awal Februari Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M. Taufik telah menerima surat rekomendasi dari Gubernur Anies Baswedan terkait nama cawagub. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta M. Taufik mengatakan pihaknya sudah menerima surat rekomendasi dari Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait calon wakil gubernur atau cawagub DKI Jakarta.

Taufik menyatakan pihaknya akan segera membahasnya. Menurutnya, jadwal terdekat yang akan diagendakan adalah rapat pimpinan gabungan (rapimgab).

"Tanggal 27 [Januari] ini rapimgab, kemudian tanggal 29 paripurna pengesahan tata tertib," kata Taufik saat dihubungi, Rabu (22/1).


Taufik menjelaskan dalam rapimgab masih akan ada pembahasan sejumlah pasal dalam tata tertib yang belum diselesaikan panitia khusus atas rekomendasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri). Setelah disepakati bersama, tatib akan disahkan di paripurna.


"Kemudian setelah itu baru pembentukan panlih [panitia pemilihan], habis panlih baru Bamus menjadwalkan paripurna pemilihan," ujar Taufik.

Adapun tugas panlih, kata Taufik, yaitu melakukan verifikasi berkas calon wakil gubernur. Dia menyatakan verifikasi itu hanya sebatas administratif layaknya pendaftaran anggota DPRD DKI.

Selanjutnya, panlih bertugas mempersiapkan teknis pemilihan yang akan dilakukan di forum paripurna.

"Dari situ baru akan ada pemilihan, kita targetkan awal Februari kita laksanakan," ujarnya.

DPRD Kebut Pemilihan Wagub DKI pada FebruariAnies Baswedan dan Sandiaga Uno saat Pilkada DKI Jakarta 2017. (CNN Indonesia/Safir Makki)
Taufik yang juga Ketua DPD Gerindra DKI mengatakan pihaknya akan gencar melakukan lobi politik pada Jumat mendatang. Dia mengatakan Gerindra akan meyakinkan anggota DPRD DKI bahwa Ahmad Riza Patria adalah orang yang tepat menduduki kursi Wakil Gubernur DKI.


"Saya kira teman DPRD paham siapa Pak Riza dan Insyaallah Pak Riza kepilih," tegas dia.

Dua nama baru yang sudah disepakati oleh PKS dan Gerindra ialah Nurmansyah Lubis dan Ahmad Riza Patria. Keduanya akan dipilih oleh anggota DPRD DKI Jakarta untuk mengisi posisi wagub DKI yang ditinggalkan Sandiaga Uno sejak 2018 lalu.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap dua nama yang telah diusulkan PKS dan Gerindra bisa segera diproses agar posisi wakil gubernur secepatnya terisi. Anies sendiri telah mengirimkan dua nama cawagub kepada DPRD DKI Jakarta pada Selasa (21/1).

"Sehingga sekarang prosesnya sudah bisa dimulai di Dewan. Jadi kita berharap dalam waktu yang tidak lama lagi dewan membahas kemudian kita lihat perkembangannya," ujar Anies.

Anies mengklaim telah mengenal Nurmansyah dan Riza Patria. Ia percaya dua partai pengusung sudah banyak mempertimbangkan sosok keduanya untuk maju menjadi calon wagub.

"Kita tahu tanggung jawab di Jakarta tidak kecil, kita tahu ada janji politik kampanye, ada RPJMD, dan saya percaya dua pribadi yang diusulkan ini pasti sudah pelajari, memahami dan siap melaksanakan itu semua," kata Anies.


[Gambas:Video CNN] (ctr/pmg)