Buruh Demo Kenaikan BPJS Kesehatan, Jalan Rasuna Said Macet

CNN Indonesia | Kamis, 06/02/2020 12:10 WIB
Buruh Demo Kenaikan BPJS Kesehatan, Jalan Rasuna Said Macet Ratusan buruh menggelar aksi unjuk rasa menolak kenaikan iuran jaminan kesehatan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) di depan Kantor Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kamis (6/2). (CNN Indonesia/ Dhio Faiz)
Jakarta, CNN Indonesia -- Ratusan buruh menggelar aksi unjuk rasa menolak kenaikan iuran jaminan kesehatan Badan Penyelenggara Jaminan Kesehatan (BPJS) Kesehatan di depan Kantor Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Kamis (6/2). Aksi dimulai sekitar pukul 11.00 WIB.

Berdasarkan pantauan CNNIndonesia.com, ratusan buruh datang menggunakan atribut elemen buruh masing-masing. Mereka juga membawa poster berisi pernyataan menolak kenaikan iuran BPJS dan RUU Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja.

Unjuk rasa ini diikuti oleh beberapa elemen buruh, seperti Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI), Garda Metal dan Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI). Para buruh menuntut pemerintah untuk membatalkan kenaikan iuran BPJS.


Orator Isfan Abdullah mengatakan pihaknya bersedia menempuh jalur dialog. Namun mereka hanya ingin menemui Menteri Kesehatan (Menkes) Terawan Agus Putranto atau pejabat setingkat dirjen Kemenkes.
Aliansi Buruh Gelar Demo Tolak Kenaikan Iuran BPJS KesehatanDemo buruh di depan kantor Kemenkes. (CNN Indonesia/ Dhio Faiz)

"Jika Menteri Kesehatan mau menemui kita, ada niat baik, insya Allah kami bersedia," kata Isfan dari atas mobil komando.

Isfan menjelaskan menolak kenaikan BPJS dua kali lipat karena memberatkan masyarakat. Kenaikan itu menambah beban yang harus ditanggung masyarakat karena ekonomi melemah.

Selain itu, buruh menegaskan BPJS adalah sistem jaminan kesehatan nasional, bukan perusahaan atau BUMN. Maka seharusnya tidak bertujuan untuk mencari untung.

[Gambas:Video CNN]

"BPJS wali amanat, artinya pemerintah tidak seenaknya, tidak semena-mena menaikkan iuran. Wali amanat seharusnya ketika ada kebijakan berdampak ke kehidupan rakyat, seharusnya bicara dulu ke rakyat," tuturnya.

Saat ini, Isfan dan beberapa perwakilan buruh sedang masuk ke Kantor Kemenkes. Mereka diminta menemui perwakilan Kemenkes untuk menyampaikan tuntutan.

Jalan Rasuna Said Macet

Imbas unjuk rasa, kendaraan bermotor yang melintas di depan Kantor Kemenkes melaju padat merayap. Sebab separuh ruas jalan ke arah Menteng dipakai oleh massa aksi.

Arus di ruas jalan arah Mampang Prapatan juga terjadi kemacetan. Kendaraan bermotor tersendat di titik putar arah depan Kantor Kemenkes. Belasan aparat kepolisian mengatur kepadatan lalu lintas. Mereka sesekali mengarahkan pesepeda motor yang berhenti untuk sekadar melihat aksi unjuk rasa.

Saat menyampaikan tuntutan, orator Isfan Abdullah mengingatkan para buruh agar memberi ruang untuk pengguna jalan. Dia bahkan menyampaikan permintaan maaf kepada pengguna jalan.

"Mohon maaf untuk para pengguna jalan, ini kami sedang memperjuangkan isu bersama," tutur Isfan dari atas mobil komando.
(dhf/ain)