Kemenkes Sebut 7 WNI di Wuhan dalam Kondisi Sehat

CNN Indonesia | Senin, 02/03/2020 08:38 WIB
Kementerian Kesehatan menyampaikan tiga WNI yang sebelumnya sakit kini membaik. Sementara empat lainnya memilih tetap tinggal di sana. Sejumlah warga mengenakan masker untuk menghindari penyebaran virus corona (covid-19) di Kota Wuhan, China. (HECTOR RETAMAL / AFP)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan, Achmad Yurianto memastikan tujuh warga negara Indonesia (WNI) yang masih berada di Wuhan, China, saat ini dalam keadaan sehat. Wuhan merupakan kota yang diyakini sebagai sumber penyebaran virus corona (covid-19).  

Yurianto mengatakan pihaknya sejauh ini masih memantau mereka, termasuk tiga di antaranya yang sebelumnya tidak lulus pemeriksaan karena dinyatakan sakit.


"Sampai saat ini sejauh yang kami monitor dari Kementerian Luar Negeri [kondisinya] baik, enggak ada masalah yang tiga itu sudah sehat dan ada di asramanya," ujar Yurianto di Bandar Kertajati, Minggu (1/3).


Yuri mengatakan tujuh WNI itu adalah tiga WNI yang sebelumnya dinyatakan sakit, dan empat sisanya adalah mereka yang memilih tetap tinggal di sana.

Dia mengatakan pemerintah sampai saat ini juga belum merencanakan pemulangan terhadap mereka. Sebab, proses pemulangan juga harus melalui persetujuan yang bersangkutan.

Ia menambahkan, pemerintah sejauh ini juga tak sampai memberi suplai bantuan apapun terhadap mereka. Sebab, menurutnya, kondisi di Wuhan saat ini sudah kondusif. Namun demikian, Kemenkes akan berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri jika mereka memang mau dipulangkan.

Kemenkes Sebut 7 WNI di Wuhan dalam Kondisi Sehat
Infografis Indonesia 'Dikepung' Negara Asia Terinfeksi Corona. (CNNIndonesia/Basith Subastian)


"Ya, kalau mereka enggak pengen pulang masa dipaksain pulang," kata dia.

"Kan sudah ada enggak masalah di sana," kata dia lagi.

Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto awal Februari lalu menyatakan kondisi tujuh WNI di Provinsi Hubei, China dalam pemantauan otoritas pemerintah setempat. Pemerintah melalui KBRI di sana juga terus memantau keadaan mereka.

Kemenlu melalui KBRI di Beijing kemudian menginformasikan pihaknya telah mengirimkan uang sejumlah Rp130.280.000 bagi WNI yang ada di Hubei dan Wuhan. Uang tersebut digunakan untuk membeli pasokan pangan dan perlengkapan.


[Gambas:Video CNN] (thr/pmg)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK