Pencuri Helm yang Klaim Jadi Ketua Anarko Positif Ganja

CNN Indonesia | Jumat, 17/04/2020 12:02 WIB
Kabid Humas Polda Jawa Barat Kombes Yusri Yunus saat ditemui di Pos Polisi Cikopo, Purwakarta, Jawa Barat pada Rabu (7/6). (CNN Indonesia / Martahan Sohuturon) Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus menyebut Ketua Anarko positif ganja. (CNN Indonesia/Martahan Sohuturon)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pelaku pencurian helm polisi yang mengaku sebagai ketua Anarko Sindikalis, Pius Lout Alubwaman (25), positif narkoba jenis ganja usai menjalani pemeriksaan urine.

Seperti diketahui, saat ditangkap Pius polisi juga sedang dalam keadaan mabuk berat.

"Kami masih dalami, ternyata dia ini positif ganja ya, pengguna ganja," kata Yusri saat dikonfirmasi, Jumat (17/4).


Oleh sebab itu, dalam penyidikan nantinya Pius akan dijerat menggunakan undang-undang tentang narkotika juga.

Sejauh ini, kata Yusri, pihaknya masih mendalami sejumlah penggunaan atribut berbentuk tato huruf 'A' yang berada di badan Pius tersebut. Pasalnya, Pius mengaku sebagai ketua kelompok Anarko. Namun, keterangannya tidak meyakinkan.

Sebab, jika ditelisik dari perkembangannya kelompok Anarko Sindikalisme atau Anarko Sindikalis tidak memiliki struktur organisasi yang menunjuk seseorang menjadi ketua ataupun pemimpin.

"Dia itu bukan ketua, mengakunya sebagai ketua. Tapi masih kami dalami," kata Yusri.

"Kita kan curiganya di badannya itu ada tato tulisan 'A' kayak lambang anarko gitu, tapi ngomongnya sampai sekarang masih agak ngaco-ngaco, tapi memang dia kan memang mencuri," tambah dia.

Sebagai informasi, pengakuan Pius, yang kerap memberikan jawaban seperti orang tak sadar, tersebut juga membuat polisi akan memeriksa kejiwaannya.

Namun, Yusri menegaskan proses hukum terkait keterangannya selaku ketua Anarko belum dilakukan. Saat ini, penyidik baru memproses kasus pencurian yang dilakukan oleh Pius.

"Yang ditangani Polda Metro Jaya adalah masalah pencurian dia, untuk mengenai apa statement yang dia keluarkan itu masih kita dalami semuanya," ujar Yusri, Kamis (16/4) kemarin.

Sebelumnya, Subdit Kejahatan dan Kekerasan (Jatanras) Ditreskrimum Polda Metro Jaya meringkus seorang pria bernama Pius karena melakukan aksi pencurian helm milik personel polisi lalu lintas (polantas).

Dalam proses pemeriksaan, Pius justru memberikan pengakuan bahwa dirinya merupakan ketua Anarko Sindikalis Indonesia dengan sebutan A1. Pengakuan Pius tersebut terekam dalam sebuah video dan sudah beredar di media sosial.

(mjo/arh)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK