Wagub DKI Dukung Pusat soal Biaya Rapid Test Rp150 RIbu

CNN Indonesia | Sabtu, 11/07/2020 04:03 WIB
Calon Wakil Gubernur (Cawagub) DKI Jakarta dari Partai Gerindra, Ahmad Riza Patria saat debat Cawagub DKI Jakarta dengan tema Solusi Banjir Ala Wakil Gubernur di Jakarta, Jumat, 6 Maret 2020. CNNIndonesia/Safir Makki Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mendukung Kemenkes yang menetapkan biaya rapid test Rp150 ribu (CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia --

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mendukung kebijakan Kementerian Kesehatan yang menetapkan biaya paling mahal untuk tes cepat atau rapid test antibodi sebesar Rp150 ribu. Riza sepakat biaya rapid test untuk masyarakat harus murah.

"Yang penting bagi kami bahwa rapid test harus murah, jangan di masa sulit seperti ini justru ada pihak-pihak yang mengambil keuntungan," ujar Riza di Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Jumat (10/7).

Riza juga meminta agar pihak rumah sakit swasta tidak memasang harga rapid test dan tes swab dengan harga tinggi. Sebab, menurutnya, pihak swasta juga harus berperan dalam membantu masyarakat dengan memberi pelayanan terbaik, cepat, dan murah.


Politikus Partai Gerindra itu juga mengklaim bahwa Pemprov DKI sudah menginstruksikan agar rumah sakit umum daerah (RSUD) di Jakarta menggratiskan biaya rapid test.

"Pak Gubernur (Anies Baswedan) di rapat-rapat sudah menyampaikan bahwa kalau melalui RSUD semua digratiskan," tuturnya.

Sebelumnya Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Bambang Wibowo mengumumkan batas tarif tertinggi yang harus dibayarkan untuk pemeriksaan rapid test antibodi yaitu Rp150 ribu.

Besaran biaya tersebut diatur dalam Surat Edaran Nomor HK.02.02/I/2875/2020 tentang Batasan Tarif Tertinggi Pemeriksaan Rapid Tes Antibodi.

Dalam surat tersebut juga dijelaskan besaran tarif tersebut ditujukan bagi masyarakat yang melakukan tes secara mandiri.

Bambang mengatakan aturan tersebut dibuat agar bisa menjadi acuan rumah sakit atau laboratorium dalam menetapkan biaya pemeriksaan.

(dmi/bmw/bmw)

[Gambas:Video CNN]