Ridwan Kamil Klaim Sudah Tak Ada Zona Merah Corona di Jabar

CNN Indonesia | Selasa, 11/08/2020 13:16 WIB
Ridwan Kamil menyebut secara keseluruhan terdapat 14 daerah di Jabar yang masuk zona oranye, sementara 13 daerah lainnya zona kuning penyeberan virus corona. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengklaim sudah tak ada zona merah Covid-19 di wilayahnya. (CNN Indonesia/Andry Novelino)
Jakarta, CNN Indonesia --

Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengklaim tidak ada lagi zona merah atau risiko tinggi penyebaran virus corona (Covid-19) di wilayah Jabar berdasarkan data 6-9 Agustus 2020.

"Tidak ada zona merah lagi, Pak, per minggu ini, karena ini update mingguan dari 6-9 Agustus 2020," kata pria yang akrab disapa Emil saat menyampaikan laporan di hadapan Presiden Joko Widodo, di Bandung, Jawa Barat, Selasa (11/8).

Emil mengatakan bahwa Kota Depok sempat menjadi zona merah Covid-19. Namun mantan wali kota Bandung itu menyebut dengan kontrol yang ketat, Depok berangsur membaik.


Tercatat dari 27 kabupaten/kota yang ada di Jabar, 14 kabupaten/kota termasuk zona oranye atau risiko sedang dan 13 lainnya termasuk zona kuning atau risiko rendah.

"Sebelumnya bisa dilihat Depok masih merah, sekarang sudah membaik dengan kontrol bersama. Sehingga dari total 27 kabupaten/kota tidak ada zona merah," ujarnya.

Infografis Daftar Relawan Uji Vaksin CoronaFoto: Infografis Daftar Relawan Uji Vaksin Corona
Infografis Daftar Relawan Uji Vaksin Corona

Selain tak ada zona merah, Emil mengatakan pihaknya juga sedang memulai percobaan sekolah tatap muka di zona hijau atau aman Covid-19.

Menurutnya, zona aman penyebaran Covid-19 banyak ditemui di wilayah Jabar yang masih di pedalaman.

"Kami sudah mulai hati-hati sekolah tatap muka, Pak. Jadi kami percobaan dengan ketat, karena Jabar mohon izin, Pak, banyak gunung, pedalaman yang memang nggak ada covid," kata Emil.

Menanggapi kondisi itu, Jokowi meminta agar Emil menjaga wilayahnya agar tak masuk zona merah Covid-19. Ia pun berharap wilayah yang kini termasuk zona kuning berubah menjadi zona hijau.

"Kondisi di Jabar rata-rata semua sudah di posisi warna kuning dan hijau. Saya harapkan ini terus dipertahankan, dikendalikan, syukur yang kuning bisa dilarikan semuanya ke hijau," kata Jokowi.

Jokowi mengingatkan bahwa ancaman Covid-19 akan terus ada sampai vaksin dapat diproduksi massal dan diberikan kepada seluruh masyarakat.

"Sekali lagi ancaman covid ini belum selesai sampai nanti yang namanya vaksin ini bisa divaksinasikan kepada seluruh rakyat di tanah air," imbuhnya.

Berdasarkan data Satgas Covid-19 per 2 Agustus 2020, Kota Depok menjadi satu-satunya zona merah Covid-19 di wilayah Jabar.

Secara keseluruhan, terdapat 33 kabupaten/kota zona merah Covid-19 di tingkat nasional. Sementara zona oranye 194 kabupaten/kota, zona kuning 163 kabupaten/kota, dan zona hijau 86 kabupaten/kota.

(psp/fra)

[Gambas:Video CNN]