Calon Gerindra dan PKS Saling Klaim Kemenangan Pilkada Sumbar

CNN Indonesia | Kamis, 10/12/2020 17:58 WIB
Nasrul Abit-Indra Catri yang diusung Gerindra mengklaim unggul dalam hitung cepat internal, sementara Mahyeldi-Audy unggul di quick count lembaga survei. Pasangan calon Pilkada Sumbar Nasrul Abit dan Indra Catri mengklaim unggul sementara merujuk penghitungan internal Gerindra (ANTARA FOTO/Muhammad Arif Pribadi)
Padang, CNN Indonesia --

Dua pasangan calon di Pilkada Provinsi Sumatera Barat saling mengklaim kemenangan berdasarkan hasil sementara hitung cepat atau quick count. Mereka adalah paslon Nasrul Abit-Indra Catri dan Mahyeldi Audy Joinaldy.

Kubu Mahyeldi-Audy mengklaim unggul sementara merujuk dari hasil hitung cepat dua lembaga, yakni Poltracking dan Voxpol Center. Mereka meraih 32,96 persen suara, sementara Nasrul-Indra 30,95 persen per pukul 21.00 WIB, Rabu (9/12).

"Suara yang masuk di kedua lembaga survei itu hampir seratus persen. Dengan hasil itu, kami mengklaim kemenangan," ucap Ketua Tim Pemenangan Mahyeldi-Audy, Mochlasin kepada CNNIndonesia.com.


Mochlasin mengatakan bahwa perolehan suara Mahyeldi-Audy sesuai dengan tempat-tempat yang mereka sudah petakan selama ini. Berdasarkan hasil pemetaan itu, mereka mengklaim unggul di lebih sepuluh daerah dari 19 daerah di Sumbar.

Merujuk pemetaan, dia menyebut Nasrul Abit-Indra Catri unggul di Pesisir Selatan, Solok Selatan, dan Mentawai. Paslon Fakhrizal-Genius Umar unggul di Pariaman.

Pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah (kiri) dan Audy Joinaldy (kanan) menyapa wartawan usai menyerahkan berkas pendaftaran Pemilihan Gubernur di Kantor KPU Sumatera Barat di Padang, Sumatera Barat, Jumat (4/9/2020). Pasangan Mahyeldi Ansharullah dan Audy Joinaldy menjadi pasangan pertama yang mendaftar sebagai calon gubernur Sumatera Barat yang diusung PKS dan PPP. ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/wsj.Pasangan calon Pilkada Sumatera Barat, Mahyeldi Ansharullah (kiri) dan Audy Joinaldy mengklaim unggul sementara berdasarkan hitung cepat atay quick count lembaga survei (ANTARA FOTO/Iggoy el Fitra/wsj).

Kemudian paslon Mulyadi-Ali Mukhni unggul di Limapuluh Kota, Pasaman, Pasaman Barat, Padang Pariaman.

"Di daerah selain itu, Mahyeldi-Audy unggul," tuturnya.

Sementara itu, kubu pasangan calon Nasrul Abit-Indra Catri juga mengklaim unggul sementara di Pilkada Sumatera Barat berdasarkan hitung cepat yang dilakukan DPD Gerindra Sumbar.

Merujuk penghitungan internal itu, Nasrul Abit-Indra Catri memperoleh 35 persen suara, sementara Mahyeldi-Audy hanya 30 persen suara.

Angka itu merupakan hasil penghitungan dari 30 persen suara masuk per Rabu malam (9/12).

"Tiga puluh lima persen perolehan suara itu belum termasuk suara dari Pesisir Selatan, basis suara Nasrul Abit-Indra Catri," kata Ketua Tim Pemenangan Nasrul Abit-Indra Catri, Supardi

"Menurut laporan DPC Gerindra Pesisir Selatan, Nasrul Abit-Indra Catri memperoleh 87 persen suara di sana," ucapnya.

Pilkada Sumbar diikuti oleh empat pasang calon, yakni Mulyadi-Ali Mukni, Nasrul Abit-Indra Catri, Fakhrizal-Genius Umar, dan Mahyeldi-Audy.

(adb/bmw/bmw)


[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK