Mega Cerita Diundang China Saat HUT PKC, Bantah Cap Komunis

CNN Indonesia | Sabtu, 12/06/2021 03:14 WIB
Megawati membantah isu komunisme dilekatkan pada dirinya lantaran pernah diundang menghadiri HUT Partai Komunis China (PKC). Ketua umum PDIP Megawati Soekarnoputri saat menghadiri pelantikan Tri Rismaharini sebagai Ketua Bidang Kebudayaan DPP PDIP masa bakti 2019-2024 di Jakarta, Senin, 19 Agustus 2019. (CNN Indonesia/Bisma Septalisma)
Jakarta, CNN Indonesia --

Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri membantah isu komunisme dilekatkan pada dirinya. Hal itu ia tegaskan dalam orasi ilmiah pengukuhan gelar profesor kehormatan dari Universitas Pertahanan RI, Jumat (11/6).

Awalnya, Megawati mengenang undangan oleh Presiden China, Xi Jinping, saat perayaan ulang tahun Partai Komunis China. Ia mengatakan saat itu juga diberikan kesempatan untuk memberikan sambutan.

"Saya diundang pada Presiden Xin Jinping di ulang tahun partai komunisnya RRC. Saya beri sambutan," kata Megawati.


Sadar ucapannya bernada kontroversi, Megawati lantas mewanti-wanti agar publik tak menilai dirinya turut berpandangan komunis seperti RRC.

Ia lantas menyadari masih banyak orang yang berpikir dan memberikannya stempel sebagai tokoh komunis. Bahkan, ia mengatakan cap komunis itu sudah di stempel kepada sejak jadi anggota DPR.

"Nanti ada yang bilang betul enggak Bu Mega Komunis? Saya kan, selalu dibilang begitu. Sampai saat saya jadi anggota DPR sudah distempel itu," kata Megawati.

Megawati lantas membantah anggapan tersebut. Ia bercerita sempat dilakukan penelitian khusus (litsus) saat masa pemerintahan Presiden Soeharto. Litsus sendiri merupakan cara Orde Baru menyelidiki apakah seseorang pegawai negeri sipil memiliki paham komunisme atau tidak.

Alhasil, Megawati mengatakan hasil litsus itu menunjukkan dirinya bukanlah komunis.

"Jadi saya bilang yang komunis itu yang waktu itu, saya di litsus. Jadi saya bilang yang komunis itu yang litsus itu, tentara loh, ada Kolonel sama tiga Mayor, kalau saya enggak salah, kok saya lolos. Kan membingungkan kan kalau mengatakan saya komunis, saya komunis," kata dia.

(rzr/pmg)

[Gambas:Video CNN]
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK