Praveen/Debby Menang Berkat Simulasi

Putra Permata Tegar Idaman, CNN Indonesia | Rabu, 04/03/2015 21:14 WIB
Praveen/Debby Menang Berkat Simulasi Praveen Jordan/Debby Susanto sukses menaklukkan unggulan ketiga Xu Chen/Ma Jin, 21-15, 21-14. (CNN Indonesia/Dokumentasi PBSI)
Jakarta, CNN Indonesia -- Praveen Jordan/Debby Susanto berhasil membuat kejutan besar di babak pertama All England dengan mengalahkan unggulan ketiga asal Tiongkok Xu Chen/Ma Jin dua game langsung, 21-15, 21-14. Kemenangan ini ternyata terjadi lantaran banyaknya simulasi yang mereka lakukan sebelum keberangkatan.

Sejak dipastikan bertemu Xu Chen/Ma Jin usai pengundian diumumkan, Praveen/Debby langsung memasuki tahap latihan khusus.

"Saya justru senang ketika Praveen/Debby dipastikan bertemu Xu Chen/Ma Jin di babak pertama. Dengan begitu kami punya waktu panjang untuk persiapan," tutur pelatih ganda campuran Richard Mainaky kepada CNN Indonesia.


Selama dua minggu, Praveen/Debby terus dijejali simulasi demi simulasi dalam latihan mereka sehari-hari.

"Saya terus kondisikan mereka menghadapi Xu Chen/Ma Jin. Setiap latihan game selalu seperti itu ditambah juga menonton video pertandingan Xu Chen/Ma Jin. Itu terus kami lakukan berulang-ulang," tutur Richard.

"Xu Chen/Ma Jin tidak sehebat Zhang Nan/Zhao Yunlei. Saat kelemahan mereka sudah bisa dipegang, maka mereka sulit untuk bangkit dan celah itu yang kami incar."

Hal itulah yang kemudian tergambar di lapangan. Praveen/Debby mendominasi perolehan angka dari awal hingga akhir pertandingan.

"Kami sukses mendapatkan ritme sejak awal pertandingan. Kami tak membiarkan Xu Chen/Ma Jin untuk menyerang dan di situ mereka terlihat kebingungan," ucap Debby seperti dikutip dari Badminton Indonesia.

Jangan Lengah

Setelah mengalahkan Xu Chen/Ma Jin, bukan berarti tugas Praveen/Debby sudah usai. Di babak kedua mereka menghadapi Alan Yun Lung Chan/Tse Ying Suet dari Hong Kong.

"Setelah mengalahkan Xu Chen/Ma Jin, kami harus bisa lebih konsentrasi dan jangan sampai lengah dan malah kalah oleh pemain yang bukan unggulan," tutur Praveen.

"Melihat kemampuan Praveen/Debby yang sudah bisa mengalahkan Xu Chen/Ma Jin, maka mereka semestinya bisa melaju paling tidak hingga babak semifinal," kata Richard menimpali. (ptr/ptr)