Rio Haryanto Kehilangan Sponsor dari Pertamina

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Jumat, 30/12/2016 18:04 WIB
Rio Haryanto Kehilangan Sponsor dari Pertamina Rio Haryanto terancam tak bisa ikut balapan di ajang Formula 1 2017. (Manor Grand Prix Racing Ltd)
Jakarta, CNN Indonesia -- Rio Haryanto terancam tidak dapat membalap di ajang Formula 1 musim depan lantaran tidak dapat sponsor.

Pertamina yang kemarin menjadi penyokong dana utama pebalap berusia 23 tahun tersebut pun belum mencapai kesepakatan dengan calon tim Rio musim depan.

Hal ini diungkapkan Vice President Corporate Communication PT Pertamina Persero, Wianda Pusponegoro, kepada CNNIndonesia.com melalui pesan singkat, Jumat (30/12) sore.


"Kami (Pertamina) belum bisa penuhi deadline waktu yang diminta (calon) tim. Untuk sponsor, harus melalui proses review legal dan administratif yang matang. Kami masih perlu waktu untuk proses tersebut, sementara tim yang kami jajaki sudah minta keputusan segera," kata Wianda kepada CNNIndonesia.com.

"Karena tidak tercapai kesepakatan, saya tidak punya hak untuk sebutkan nama timnya," katanya menambahkan saat ditanyakan nama calon tim Rio.

Sejauh ini, masih ada empat slot kosong di sejumlah tim F1. Satu tempat di Mercedes AMG Petronas Motosport, satu slot di Sauber, dan dua kursi di Manor Racing MRT.

Sementara Pertamina juga memiliki kriteria tersendiri terkait calon tim yang ingin disponsori pihaknya.

"Kami punya prosedur review juga justifikasi detail, karena masih berproses secara internal. Dan, kami tidak bisa paksakan tim untuk sesuaikan deadline bila ternyata waktu mereka dengan kami tidak sesuai," lanjut Wianda.

"Sangat disayangkan tim yang kami sudah jajaki beberapa bulan terakhir tidak lagi dapat menunggu. Padahal mereka tim bagus, solid, profesional, yang punya visi untuk masa depan Rio di F1," ucapnya. (bac)