Ezra Walian Dijadwalkan Jalani Sumpah WNI pada 5 April

Arby Rahmat, CNN Indonesia | Senin, 27/03/2017 14:05 WIB
Ezra Walian Dijadwalkan Jalani Sumpah WNI pada 5 April Ezra Walian dijadwalkan menjalani sumpah WNI pada 5 April 2017. (ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- PSSI sampai saat ini belum menentukan jadwal pembacaan sumpah Warga Negara Indonesia (WNI) untuk penyerang naturalisasi Timnas Indonesia, Ezra Walian.

Direktur Media dan Hubungan Internasional PSSI Hanif Thamrin mengatakan, banyak hal teknis yang harus dipertimbangkan terkait pengambilan sumpah tersebut.

"Kami bukan menunda. Dari administrasinya sudah dijadwalkan akan dilakukan ketika Ezra balik ke Indonesia," kata Hanif kepada CNNIndonesia.com, Senin (27/3) siang.

Usai resmi dinaturalisasi, Senin (20/3), Ezra langsung menjalani debut bersama Timnas Indonesia melawan Myanmar dalam laga persahabatan di Stadion Pakansari, Cibinong, satu hari kemudian. Ezra dapat tampil berkat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 5/PWI Tahun 2017.


Pemuda yang bernama lengkap Ezra Harm Ruud Walian itu pun diminta bersumpah atau janji menjadi WNI paling telat tiga bulan setelah dokumen tersebut diterimanya. Jika tak dilakukan setelah tiga bulan, maka status WNI bagi Ezra akan hangus.

Ezra Walian menjalani debut bersama Indonesia saat melawan Myanmar.Ezra Walian menjalani debut bersama Indonesia saat melawan Myanmar. (CNN Indonesia/Arby Rahmat Putratama)
Setelah memperkuat Indonesia saat melawan Myanmar, Ezra kembali ke Belanda untuk membela klubnya, Jong Ajax. Hanif memperkirakan Ezra berpeluang akan melakukan sumpah pada 5 April 2017.

"Soal sumpah kan bukan hal yang sulit, di undang-undang jelas Ezra punya jendela waktu tiga bulan. Bukan berarti ditunda, tapi disesuaikan sama jadwal Timnas dan dia. Kan dia tidak main di (klub) dalam negeri," ucap Hanif.

Timnas Indonesia U-22 dijadwalkan bakal kembali melakoni laga uji coba pada 5 April. Calon lawannya adalah salah satu klub di Liga 1. Laga itu juga jadi pertandingan uji coba terakhir sebelum Timnas bertolak ke Spanyol untuk menjalani pemusatan latihan jangka panjang jelang Islamic Solidarity Games (ISG) dan SEA Games 2017.

Ezra juga akan membela Indonesia pada ajang ISG di Baku, Azerbaijan, 12-22 Mei mendatang. Namun, ia diperkirakan tidak akan mengikuti semua sesi pemusatan latihan di Spanyol yang kemungkinan memakan waktu 19 hari itu.

"Kemarin Ezra harus balik Ajax dulu. Kalau soal sumpah, kami tunggu jadwal dari PSSI yang penting sebelum tiga bulan. Dia sedang balik dulu untuk latihan, hari ini dia tiba di Belanda. Kalau sudah ada jadwal dari PSSI, tetap akan balik ke Indonesia untuk ikut TC Spanyol," ujar manajer Ezra, Wide Putra Ananda, kepada CNNIndonesia.com.